MelangkahYuk – Siapa yang tidak mempunyai hobi? Sepertinya agak tidak mungkin ya seseorang tidak mempunyai hobi, walaupun hobi itu hanya hobi tidur. Hobi merupakan hal yang bisa menguras kantong kita, bagaimana bisa? Kebanyakan orang yang memang hobinya tidak tanggung-tanggung tidak akan memikirkan harga untuk kepuasan terhadap hobinya. Nah kali ini ada sedikit tips untuk kalian dari MelangkahYuk agar hobi yang kalian punya tidak menguras kantong kalian hingga ke akar-akarnya.

Pilihlah Hobi Sesuai dengan “Kantong”

Ini nih yang sangat amat penting ya guys. Pilihlah hobi yang sesuai kantong kalian, jangan sampai penghasilan bulanan kalian habis semua untuk hobi kalian. Setidaknya, kalau memang kalian mempunyai hobi yang sangat ditekuni, jangan memakai lebih dari 20% penghasilan kalian untuk hobi kalian. Jangan sampai termakan godaan untuk membeli atau mengeluarkan biaya yang besar diawal tanggal gajian. Dan juga pilihlah hobi semampunya ya guys, bukan untuk underestimate diri sendiri dan orang lain, namun kita semua juga harus realistis. So, be smart !

Berbisnis dengan Hobi

Berbisnis dengan hobi itu sudah sangat banyak dilakukan oleh orang-orang yang memang bisa memanfaatkan hobinya untuk menghasilkan keuntungan. Misal dengan hobi yang suka mengkoleksi barang-barang, mungkin bisa mencari barang langka dengan harga murah dan menjualnya dengan harga yang tinggi. Atau mungkin hobi memelihara hewan, bisa menjual hasil ternaknya kepada sesama orang yang menyukai hewan tersebut. Manfaatkan peluang sebaik mungkin untuk memperoleh keuntungan dan kesenangan dalam sekali tangkap.

Bergabung dengan Komunitas

Bergabung dengan komunitas bisa membuat kalian mengenal lebih banyak orang yang sejalan dengan kalian. Hal ini bisa menguntungkan kalian. Contohnya, kalian bisa barter barang/hal yang kalian hobikan atau senangi. Mendapatkan harga miring untuk barang yang kalian kumpulkan atau kalian pakai untuk hobi kalian. Komunitas itu sangat penting bagi sebagian hobi. Menambah teman dan saudara juga merupakan manfaat dari bergabungnya kalian ke dalam komunitas.

Itulah sedikit tips yang bisa kita berikan buat kalian kawan-kawan MelangkahYuk. Semoga kalian memang mempunyai hobi yang bisa menyenangkan hati kalian dan kantong kalian ya.