Kartu kredit menjadi pilihan banyak orang karena penggunaannya yang praktis dan memudahkan dalam melakukan transaksi. Namun, pengguna juga harus memperhatikan proses pembayaran tagihan setiap bulannya. Berbagai biaya mungkin bisa saja menjadikan tagihan kartu kredit membengkak. Apalagi jika pengguna tidak menerapkan cara yang tepat untuk membayar tagihan kartu kredit.

Bukannya jadi hemat, malah kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan menimbulkan kerugian yang cukup besar. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut kamu harus bisa melakukan 4 langkah cerdas bayar tagihan kartu kredit agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Berikut rangkumannya.

Segera lunasi tagihan

Saat memanfaatkan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhanmu, harap untuk segera lunasi tagihan tiap bulannya. Memang ada opsi untuk mencicil dalam waktu beberapa bulan. Namun hal itu pasti akan memberikan tambahan nominal bunga yang harus dibayarkan. Selain itu, cicilan utang yang ada di dalam kartu kredit pasti akan membebani keuanganmu, apalagi jika nominalnya besar. Maka dari itu sebaiknya segera hindari kondisi keuangan yang buruk akibat dari utang dengan cara membayar penuh tagihan kartu kredit setiap bulannya.

Bayar tagihan sebelum jatuh tempo

Membayar tagihan tepat waktu menjadi hal yang penting agar masalah akibat terlambat bayar tagihan bisa dihindari. Masalah yang bisa muncul jika terlambat membayar tagihan ialah membengkaknya biaya bunga dan denda yang akan ditagihkan. Selain itu, jika membayar tagihan disaat-saat terakhir malah bisa memunculkan risiko seperti pembayaran tidak berhasil sehingga malah jadi terlambat.

Maka dari itu, kamu harus menghindari hal itu dengan cara melakukan pembayaran sebelum masa jatuh tempo tagihan tiba. Setidaknya, 2-3 hari sebelum jatuh tempo kamu sudah menyelesaikan semua tagihan kartu kreditmu.

Manfaatkan layanan auto debit

Jika kamu lebih menyukai hal-hal yang praktis, kamu bisa memanfaatkan layanan auto debit untuk membayar tagihan kartu kredit. Dengan begitu, kamu tidak akan lupa membayar tagihan dan kamu tidak akan dibebani dengan bunga serta denda yang tidak sedikit. Jangan lupa untuk selalu memastikan di dalam rekening yang digunakan untuk membayar tagihan ada sejumlah dana yang memadai.

Cari pemasukan tambahan

Saat pemasukan utamamu diperkirakan tidak bisa memenuhi pembayaran tagihan kartu kredit, kamu bisa mulai mencari pemasukan tambahan. Saat ini, sudah banyak caranya untuk bisa mencari pemasukan tambahan seperti menjadi fotografer freelance, penulis freelance, hingga berjualan. Dengan begitu, selain bisa memenuhi tagihan kamu juga bisa mendapatkan dana lebih untuk bisa ditabung atau diinvestasikan agar masa depanmu lebih terjamin.

Itulah cara cerdas dalam membayar tagihan kartu kredit yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu, kamu tidak akan mendapatkan beban bunga dan denda yang memberatkan serta bisa menikmati manfaat yang maksimal dari kartu kredit yang digunakan.