Bagi masyarakat di era sekarang, kata investasi seharusnya sudah tidak asing di telinga mereka. Setiap hari kita pasti akan mendengar kata investasi, baik saat menonton tv, mendengarkan radio, bahkan saat berdiskusi dengan teman atau keluarga. Apalagi, saat ini banyak investasi yang ramai di internet. Baik investasi yang aman maupun yang bodong.

Namun, sebenarnya kalian tahu tidak sih apa pengertian dari investasi? Berikut penjelasan singkat dari pengertian investasi.

Pengertian

Pengertian
Pengertian investasi dari beberapa tokoh. Photo by Pixabay

Apa itu investasi? Mungkin pertanyaan seperti ini akan muncul saat pertama kali kamu mendapat tawaran investasi. Menurut Sadono Sukirno: Investasi dapat diartikan sebagai pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian. (Sadono Sukirno, 1997: 107).

Taswan dan Soliha (2002:168) mendefinisikan investasi dapat dilakukan oleh individu maupun badan usaha (termasuk lembaga perbankan) yang memiliki kelebihan dana. Investasi dapat dilakukan baik di pasar uang maupun di pasar modal ataupun ditempatkan sebagai kredit pada masyarakat yang membutuhkan.

Sedangkan definisi investasi menurut Sunariyah (2003:4) Investasi adalah suatu penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang”.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa investasi adalah suatu kegiatan penempatan dana pada aset produktif dengan harapan bisa mendapatkan imbal hasil dari pertumbuhan nilai aset itu dengan jangka waktu tertentu.

Dengan melihat kondisi perekonomian saat ini, investasi bisa jadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar menghasilkan uang lebih. Dengan begitu, nantinya saat masa tua kita tidak perlu bingung untuk bertahan hidup atau kita tidak perlu pusing memikirkan biaya pendidikan anak yang makin lama makin melambung harganya.

Jenis-jenis investasi

Jenis investasi
Saham menjadi salah satu dari beberapa jenis investasi yang ada. Photo by @helloquence

Setelah mengetahui pengertian dari investasi, selanjutnya akan dijelaskan mengenai jenis-jenis investasi yang ada. Berikut jenis-jenis investasi, di antaranya:

Deposito

Penanaman modal dalam bentuk simpanan uang di bank dengan pendapatan berupa bunga dalam periode waktu tertentu sesuai dengan perjanjiannya, deposito memiliki dua jenis yaitu berjangka dan sertifikat deposit. Lebih lanjut tentang deposito silahkan cek postingan pengertian deposito.

Saham

Investasi ini merupakan investasi yang banyak diminati investor saat ini, yaitu investasi berupa pembelian bagian kepemilikan suatu perusahaan dengan bentuk surat berharga yang dapat diperjualbelikan. Selain itu ini juga merupakan investasi jangka panjang dengan income pasif yang tinggi disebut dividen.

Emas

Emas
Emas menjadi salah satu alternatif unutk berinvestasi. Photo by Pixabay

Investasi yang dilakukan dengan pembelian emas baik dalam bentuk perhiasan maupun emas batangan, ini menjadi pilihan yang menguntungkan karena harga jual emas cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Properti

Investasi properti
Investasi properti menjadi pilihan yang menjanjikan. Photo by Pixabay

Salah satu bentuk investasi riil properti dapat berupa rumah, hotel, penginapan bahkan indekos dan apartment. Investasi ini memiliki tingkat keuntungan tinggi sebanding dengan modalnya.

Obligasi

Investasi dengan menyediakan pinjaman modal, ini menjadi pilihan menarik ketika kemampuan manajemen obligasinya profesional sehingga keuntungan dapat diperoleh lebih tinggi bahkan dari deposito.

Reksadana

Merupakan jenis investasi gabungan atau perhimpunan dengan berbagai investor lain melalui manajer investasi. Ini merupakan salah satu investasi berisiko rendah, karena selain modal yang tidak terlalu tinggi.

Keuntungan

Keuntungan
Keuntungan yang didapatkan jika berinvestasi. Photo by Pixabay

Setelah mengetahui pengertian dan jenis investasi, sudah pasti banyak yang ingin tahu keuntungan dari investasi. Ada berbagai macam keuntungan investasi yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

Memenuhi kebutuhan masa mendatang

Dengan melakukan investasi sekarang akan dapat menjadi tabungan untuk memenuhi kebutuhan masa mendatang, hal ini sesuai dengan pengertian dan tujuan dari investasi itu sendiri.

Menambah aset

Keberadaan investasi dapat menjadi upaya penambahan aset yang di miliki, penambahan aset dapat berasal dari keuntungan atau investasi yang di lakukan memang berupa suatu aset seperti property dan lainnya. Lebih lengkap tentang aset baca disini.

Menghindari hutang

Terhindar hutang
Keuntungan berinvestasi ialah terhindar dari hutang. Photo by Rawpixel

Investasi dapat menjadi salah satu upaya menghindari hutang – piutang, hal ini berkaitan dengan income yang dapat diperoleh dari investasi sehingga kebutuhan akan terpenuhi tanpa adanya hutang

Gaya hidup hemat

Investasi juga dapat menjadi pengendali pengeluaran sehingga dapat menerapkan pola hidup hemat.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui dari investasi. Maka dari itu, kamu tidak perlu takut untuk memulai berinvestasi karena akan berguna bagi dirimu sendiri. Jadi, mau mulai kapan berinvestasi?