MelangkahYuk – Saham merupakan satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan (sumber : wikipedia). Jual-beli saham baik trading maupun investasi sudah sering dilakukan, apalagi semakin banyaknya aplikasi-aplikasi dan cara untuk bermain saham yang tidak terlalu sulit lagi dan bisa menggunakan modal yang kecil. Sehingga sekarang dunia saham juga diramaikan oleh para newbie (dalam hal ini kelompok milenial) yang mungkin belum mengetahui istilah di dunia saham. Inilah istilah-istilah yang mungkin belum kamu ketahui dari dunia saham.

Blue Chip

Blue chip adalah sebuah istilah dalam pasar modal yang mengacu pada saham dari perusahaan besar yang memiliki pendapatan stabil dan liabilitas dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Istilah ini berasal dari istilah di kasino, di mana blue chips mengacu pada chip yang memiliki nilai paling besar. Saham blue chip biasanya memberikan dividen secara reguler, bahkan ketika bisnis berjalan lebih buruk dari biasanya. Sumber : Wikipedia

Dividen

Dividen merupakan pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Pembagian ini akan mengurangi laba ditahan dan kas yang tersedia bagi perusahaan, tetapi distribusi keuntungan kepada para pemilik memang adalah tujuan utama suatu bisnis. Dividen saham, cukup umum dilakukan dan dibayarkan dalam bentuk saham tambahan, biasanya dihitung berdasarkan proporsi terhadap jumlah saham yang dimiliki. Contohnya, setiap 100 saham yang dimiliki, dibagikan 5 saham tambahan. Metode ini mirip dengan stock split karena dilakukan dengan cara menambah jumlah saham sambil mengurangi nilai tiap saham sehingga tidak mengubah kapitalisasi pasar. Sumber : Wikipedia

Cuan

Cuan merupakan istilah dari bahasa Cina yang berarti untung. Dalam dunia/forum saham istilah ini sering digunakan oleh para investor dan trader dalam berdiskusi di forum.

Cut Loss (CL)

Cut Loss merupakan memotong kerugian. Hal ini dalam trading saham sering dilakukan untuk memangkas kerugian yang diperoleh. Karena bermain saham tidak selalu cuan ya kawan, jadi ada kalanya para trader melakukan hal ini.

Uptrend & Downtrend

Uptrend merupakan kondisi dimana harga sebuah saham cenderung mengalami kenaikan. Downtrend merupakan kebalikan dari uptrend, yang berarti harga sebuah saham cenderung menurun.

Sideways

Sideways adalah kondisi pergerakan grafik harga saham yang cenderung naik-turun dalam rentang harga tertentu yang mana dalam grafik harga saham tampak bergerak menyamping dan tidak tampak naik maupun turun.

Emiten

Emiten adalah Pihak yang melakukan Penawaran Umum, yaitu penawaran Efek yang dilakukan oleh Emiten untuk menjual Efek kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur dalam peraturan Undang-undang yang berlaku. Emiten dapat berbentuk orang perseorangan, perusahaan, usaha bersama, asosiasi, atau kelompok yang terorganisasi. Sumber : OJK

Sebenarnya masih banyak lagi istilah yang ada di dunia saham, namun untuk kali ini MelangkahYuk hanya bisa menyampaikan beberapa saja, semoga bermanfaat !