MelangkahYuk – Wah habis gajian bagaimana rasanya? Pasti langsung senang, seketika mood berubah menjadi lebih baik. Apalagi jika gajinya terbilang besar. Sebut saja gajimu perbulan Rp 8 juta. Dengan gaji sebanyak itu, kamu bisa saja menghambur-hamburkan seenaknya, toh itu hasil jerih payahmu sendiri. Namun, memangnya kamu akan rela menghabiskan gaji Rp 8 juta itu dalam waktu singkat? Tentunya tidak dong.

Nah, maka dari itu, kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menghemat gaji Rp 8 juta itu. Berikut cara yang mungkin bisa kamu ikut.

Kurangi belanja hal tidak perlu

Yang paling utama, jangan pernah menghambur-hamburkan uangmu untuk hal-hal yang tidak perlu. Kamu bisa memulainya dengan cara, saat akan belanja bulanan buat daftar belanja yang harus dipatuhi. Dengan begitu, kamu akan belanja sesuai kebutuhan.

Selain itu, kamu juga jangan mudah tergoda dengan baju atau gadget terbaru agar terlihat mengikuti tren terkini. Sebenarnya, hal itu benar adanya. Tren tidak harus diikut. Kamu boleh saja membelanjakan uangmu untuk hal ini, asalkan kamu memang benar-benar butuh. Dan jangan lupa pertimbangkan pula benefit dari membeli barang-barang yang lagi ngetren itu untuk kehidupanmu ya.

Sebagian uangnya ditabung

Setelah menerima gaji, alangkah baiknya sebagian langsung dipisahkan untuk ditabung. Kalau kamu ingin cepat kaya, kamu bisa menyisihkan hingga 50 persen gajimu untuk ditabung. Dengan menabung, ke depannya saat membutuhkan dana darurat kamu tidak perlu mencari dana ke sana ke mari untuk menyelesaikan keadaan darurat itu.

Investasi

Selain menabung, kamu juga bisa menginvestasikan sebagian gajimu. Dengan berinvestasi, kamu bisa meraih keuntungan di masa yang akan datang. Sebagai contoh, kamu bisa berinvestasi dalam bentuk emas. Dengan investasi emas, kamu akan menjaga nilai dari uangmu tersebut.

Selain itu, kamu juga berinvestasi di saham atau reksa dana. Namun, ingat, kamu jangan pernah tergoda dengan investasi yang menjanjikan return besar dalam waktu singkat. Karena hal itu bisa dicurigai sebagai investasi bodong.

Nah itulah beberapa cara untuk menghemat gaji Rp 8 juta. Namun, jika kamu belum mencapai nominal itu, jangan khawatir. Kamu bisa ikuti tips untuk mendapatkan gaji besar ini.