MelangkahYuk – Tanggalnya tanggal gajian nih, kalian semua pasti sedang mengalami atau merasa mempunyai banyak uang. Tetapi hati-hati ya teman-teman, jangan terlalu boros, karena diawal gajian berarti kalian juga berada diawal bulan dari siklus kehidupan sehari-hari kalian. Terkadang malah bagi sebagian orang gajian tuh “hanya lewat”. Nah, supaya kalian tidak mengalami hal seperti itu, yuk kita cek tips agar gajian kalian tidak “hanya lewat”.

Jangan konsumtif saat hari pertama gajian

Sebaiknya belilah barang yang memang kalian butuhkan, jangan membeli barang yang konsumtif ya kawan. Atau kalian juga malah bisa berinvestasi diawal bulan, untuk pengeluaran yang bermanfaat, seperti investasi reksadana, saham atau mungkin menabung emas. Semua itu agar kepunyaan kalian tidak akan berkurang. Tips untuk kalian yang tiba-tiba ingin membeli sesuatu setelah gajian, tunda selama seminggu pembelian barang itu, pikirkan baik-baik, apakah barang atau apapun yang kalian beli atau bayar bermanfaat atau tidak, kemungkinan kalian akan lebih bijak dalam memilihnya.

Batasi tiap pengeluaran tiap bulannya

Aturlah pengeluaran kalian tiap harinya. Lakukan perencanaan keuangan untuk kehidupan sehari-hari. Hitung dan sesuaikan dengan baik. Dengan cara seperti itu kalian akan lebih mudah menghitung kebutuhan dalam 1 bulan kedepan dan bisa menyisakan sisanya untuk menabung. Batasi pengeluaran kalian, tetapi jangan menyiksa diri sendiri juga ya kawan. Kalian perlu makan yang sehat dan bergizi karena apabila kalian membatasi keuangan untuk makan dengan ketat, bisa jadi ujung-ujungnya kalian sakit dan malah menambah biaya lagi.

Jangan Kebanyakan Kredit

Ini yang mungkin paling susah dilakukan oleh milenial zaman sekarang. Semua barang hampir bisa di kredit. Itu yang membuat para milenial yang sebenarnya tidak mampu membeli sesuatu, namun akhirnya mengusahakan membeli barang dengan kredit. Sebenarnya ini malah membelenggu kalian dalam berinvestasi atau menabung. Kalian akan terpaksa harus membayar tagihan kalian di awal bulan, dan kemungkinan kalian akan mengalami gaji yang hanya lewat. Boleh saja membeli barang secara kredit, namun jangan melebihi 30% dari gaji kalian sendiri, karena itu akan menyusahkan kalian dalam menabung dan berinvestasi.

Itulah 3 hal yang perlu kalian lakukan jika ingin uang gaji kalian tidak “hanya lewat”. Intinya tetap atur keuangan kalian dengan baik ya kawan. Semoga bermanfaat !