MelangkahYuk – Sepertinya sedang ramai dibicarakan soal aku seseorang di suatu perusahaan Digital Money yang mengalami kerugian dikarenakan akun miliknya “tersadap” oleh seseorang. Buat kalian yang mungkin menjadi “parno” setelah hal ini terjadi, tidak usah panik atau khawatir. Sebenarnya, masalah seperti ini merupakan hal yang mungkin terjadi kapan saja dan di mana saja. Mengapa begitu? Suatu sistem itu tidak akan ada yang sempurna, di kala sistem sudah mendekati kata sempurna, maka akan banyak faktor lagi yang bisa membuat sistem itu “bobol”.

Di Indonesia sedang marak dan ramai Dompet Online, tidak usah disebutkan kalian semua pasti sudah tahu ya. Sehingga kalian semua di harapkan berhati-hati dalam melakukan setiap transaksi. Apalagi, sekarang zamannya sudah praktis, tinggal klik langsung bisa dapat barang atau sesuatu yang ingin kita ketahui. Tentunya, kita juga tidak boleh ketinggalan perkembangan teknologi ini, karena di sisi lain, kita bisa mendapatkan untung dalam banyak hal, contohnya seperti promo atau diskon, sebagai alat penerima bayaran online (bagi penjual), sebagai alat transaksi lainnya.

Sudah hampir seluruh bank di Indonesia yang menerapkan sistem online. Kendala mereka pun setiap harinya yaitu soal keamanan nasabah. Sehingga peran dari IT Security di dalam sistem online itu sangatlah penting. Nah selain peran dari sistem itu sendiri, peran dari user atau pemilik akun pun tidak kalah pentingnya, bahkan risiko terbesar sebenarnya ada di pemilik akun. Untuk menghindari risiko tersebut, kali ini di MelangkahYuk akan memberi beberapa tips aman bertransaksi.

Jangan Menggunakan Free Wifi Saat Bertransaksi

Ini merupakan hal penting untuk melindungi data kita dari penyerang-penyerang yang ada di tempat-tempat yang mempunyai free wifi. Kalian harus hati-hati dalam menggunakan fasilitas yang biasanya di sediakan di tempat umum ini. Mengapa begitu? Karena seseorang yang berniat tidak baik kepada kalian, bisa saja mencuri data kalian melalui jaringan internet yang sama. Dengan kata lain, apabila kamu menggunakan jaringan internet gratis yang sama di satu tempat dengan orang lain, maka orang tersebut bisa mengakses apa yang kamu lakukan, tapi ingat, ini tidak semudah yang orang awam pikirkan, perlu perlakuan khusus untuk melakukan hal ini. Namun sebenarnya hal ini kerap terjadi. Jadi gunakan lah free wifi di tempat umum untuk hal-hal yang tidak bersifat pribadi atau yang berhubungan dengan uang anda. Gunakan provider dari kartu sim anda dalam melakukan transaksi online.

Jangan Pernah Memberikan Password atau PIN ke Orang Lain

Sesuatu yang sangat penting, namun kadang terlena dengan kepercayaan yang terlalu tinggi terhadap orang lain. Mungkin memberi password atau pin ke keluarga sendiri memang hal yang lumrah. Namun sangat dilarang untuk memberikan password dan pin ke orang lain meski pun itu teman baik kita. Bukannya berprasangka buruk, namun sebenarnya, suatu tindak yang kurang terpuji itu tercipta bukan karena niat, melainkan karena ada kesempatan. Jadi selalu simpan password dan pin kamu dengan baik, lakukan pergantian secara berkala agar tetap aman. Apabila kalian merupakan orang yang pelupa, masih ada keluarga atau pasangan resmi kalian yang siap membantu.

Jangan Menggunakan Aplikasi VPN yang Tidak Jelas

Dilarang untuk menggunakan aplikasi yang tidak jelas asalnya. Aplikasi seperti VPN (Virtual Private Network) yang bisa di unduh secara gratis dari internet bisa jadi sumber masalah bagi kalian. Kalian bisa menggunakan aplikasi VPN yang terpercaya apabila memang kalian membutuhkannya. Tidak hanya aplikasi VPN, aplikasi-aplikasi lain yang tidak jelas asal muasalnya juga bisa menjadi masalah karena mungkin aplikasi tersebut sengaja di kembangkan untuk mendapatkan data-data pribadi kalian, yang bisa di gunakan untuk melakukan hal yang tidak baik. Jadi berhati-hatilah dalam mengunduh aplikasi dari internet. Karena proses yang tidak terlihat oleh pengguna bisa jadi menjadi sumber masalah bagi kalian.

Itulah tips untuk aman bertransaksi online. Semoga bermanfaat, terima kasih.