MelangkahYuk – Banyak dari kita yang tidak tahu mengapa tiba-tiba uang kita selalu saja habis. Padahal kita “merasa” tidak melakukan apa-apa. Akhirnya harus menderita di akhir bulan bahkan pertengahan bulan. Ternyata ini merupakan efek dari perilaku konsumtif yang dipengaruhi oleh media sosial. Banyak dari kita yang secara tidak sadar mengikuti tren untuk memenuhi gaya hidup. Gaya hidup yang tidak disesuaikan dengan keadaan yang dapat menyiksa diri sendiri. Terlebih jika kita tidak dapat mengelola keuangan secara baik. Berikut adalah kegiatan yang secara tidak sadar mengakibatkan keuanganmu berantakan.

Kuota Internet

Bukan rahasia umum lagi kalau paket data adalah sesuatu yang wajib. Bahkan beberapa dari kita yang sangat memprioritaskannya. Adanya media sosial menjadi ajang kita untuk eksis dan juga melihat keadaan di dunia. Juga sebagai hiburan di kala jenuh. Jika rumah, kampus atau kantor kalian menggunakan jaringan nirkabel atau yang biasa disebut dengan wifi , kebutuhan ini tidak terlalu memberatkan. Bagaimana jika beberapa bahkan semua tempat tersebut tidak menyediakannya? Akan sangat hampa bahkan seperti ada yang aneh jika kita tidak melakukan kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Dengan seringnya kita menggunakan kuota internet, maka akan menyebabkan kantong kita jebol karena tidak terasa kuota internet habis dengan cepat. Terlebih jika kita sering menonton video atau film di internet sampai lupa waktu. Ini akan membuat kita mengeluarkan uang lebih pada pengeluaran tersebut tanpa di sadari.

Nongkrong

Siapa yang tidak suka nongkrong? Hampir dari kita suka dengan kegiatan ini. Terlebih jika kita nongkrong dengan kawan kita. Bahkan nongkrong berapa lama pun akan dijalani jika kita merasa nyaman. Tapi beberapa dari kita yang nongkrong bukan karena merasa penat atau ingin bertemu kawan, banyak juga yang hanya nongkrong karena penasaran dengan tempat-tempat yang hits atau pula instagramable. Dengan intensnya kita mengunjungi tempat-tempat hits tersebut maka kita juga tidak terasa untuk mengeluarkan uang lebih untuk memuaskan diri kita.

Banyak Membeli Make Up dan Membeli Jajan

Bagi cewek, make up adalah segalanya. Terlebih jika kita belum berkeluarga. Selalu tampil maksimal adalah kunci. Pantang pergi sebelum make up. Tetapi make up juga tidak hanya satu macam saja. Berbagai macam make up, merk dan juga variasinya terkadang membuat kita merogoh kocek lebih dalam lagi. Jika kita menggunakannya hampir setiap hari maka akan membuat boros dalam pengeluaran. Jajan juga termasuk hal yang kita sukai. Ngemil di malam hari adalah hal yang banyak dilakukan oleh kita. Terkadang harga jajan kita lebih besar daripada makan kita. Jika kita jajan setiap hari, maka ini juga akan terasa di akhir bulan seperti pengeluaran yang  seolah hilang tak berbekas.

Liburan Tidak Jelas

Liburan biasanya dilakukan untuk menyegarkan kembali pikiran yang capek. Tetapi banyak diantara kita yang liburan tanpa hal yang jelas seperti segan menolak ajakan teman, atau pacar. Ketika kamu liburan, jelas akan mengeluarkan biaya lebih dari biasanya. Ini juga mengakibatkan keuangan kalian berantakan.

Asal Belanja (Konsumtif)

Belanja normalnya untuk memenuhi kebutuhan kita dan fungsional. Tetapi banyak dari kita yang belanja secara sembarangan seperti belanja ketika diskon atau sale, melihat barang yang lucu sehingga membelinya, dan juga membeli barang yang sebetulnya belum butuh-butuh amat. Dengan kita belanja asal-asalan jelas akan membuat kita berpikir di akhir bulan mengapa saya membeli ini padahal tidak terlalu dibutuhkan, hanya nafsu sesaat.