MelangkahYuk – Idul Adha baru saja berlalu, pasti banyak dari kalian yang memakan daging dengan porsi yang melebihi biasanya. Belum merayakan Idul Adha kalo belum makan daging hewan qurban. Kalian semua pasti sudah tahu memakan daging terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan, maka dari itu kali ini di MelangkahYuk akan di bahas 4 hal yang sebaiknya kalian lakukan pasca makan daging secara berlebihan.

Mengkonsumsi Oatmeal dan Makanan Berserat

Yang pertama, konsumsi oatmeal atau makan berserat. Oatmeal bukan hanya makanan bagi orang yang sedang ingin berdiet, oatmeal juga baik untuk kesehatan karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Selain oatmeal, makan berserat lainnya yaitu kacang-kacangan, biji-bijian utuh, gandum, dll.

Mengkonsumsi Buah Penurun Kolesterol

Mengkonsumsi buah memang mempunyai banyak manfaat, termasuk menurunkan kolesterol. Buah yang dapat menjadi penurun kolesterol yaitu :

  • Alpukat
    Alpukat merupakan buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, sekaligus menurunkan kadar LDL alias kolesterol jahat.
  • Jeruk
    Buah jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Jambu
    Jambu biji mengandung kalium dan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.
  • Apel
    Apel mengandung Pektin yang dapat mengurangi kadar LDL (kolesterol) pada tubuh.

Mengurangi Asupan Makanan yang Menganduk Banyak Lemak

Setelah memakan daging dalam jumlah banyak, ada baiknya mengurangi memakan makanan yang mengandung banyak lemak. Makanlah sayur-sayuran atau buah agar seimbang ya teman-teman. Setelah beberapa hari atau minggu mungkin kalian bisa mengkonsumsi daging lagi, namun jangan berlebihan juga ya, karena segala apapun yang berlebihan itu tidak baik.

Melakukan Aktivitas Olahraga

Olahraga itu sangat penting bagi kebugaran tubuh seseorang. Tidak hanya pasca memakan daging terlalu banyak ya teman. Kalian sebaiknya olahraga secara teratur setiap minggunya. Karena jika tidak berolahraga, badan kita akan kelebihan lemak dan akhirnya akan menjadi semakin malas untuk berolahraga. Semangat untuk olahraga ya !

Itulah 4 hal yang sebaiknya kalian lakukan pasca makan daging secara berlebihan. Sebenarnya semuanya sebaiknya juga kalian lakukan tiap harinya, demi menjaga kesehatan kita. Namun itu kembali ke diri kalian masing masing. Jadi, mari hidup sehat !