MelangkahYuk – Halo sobat MelangkahYuk, sudah lama mimin vacum ya. Tapi jangan khawatir, mimin vacum bukan karena terjangkit virus corona yang sedang trending saat ini, tapi larena memang ada hal yang lain harus dituntaskan. Bicara soal virus corona yang sekarang sedang hangat diperbincangkan oleh siapapun, mimin ada info untuk kalian tentang 5 jenis makanan yang bisa tingkatkan daya tahan tubuh. Cocok sekali untuk kalian yang sedang waspada terhadap virus corona atau yang mempunyai nama resmi Covid-19.

Berikut daftar makanan yang bisa tingkatkan daya tahan tubuh:

Brokoli

Brokoli - Gambar oleh Shutterbug75 dari Pixabay

Yang pertama adalah brokoli, brokoli merupakan sayuran yang mengandung banyak serat dan antioksidan, serta vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi tersebutlah yang membuat brokoli mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau yang juga bisa disebut daya tahan tubuh menjadi kuat.

Bayam

Bayam - Gambar oleh Aline Ponce dari Pixabay

Yang kedua adalah bayam. Sedikit mengingatkan kita ke kartun Popeye nih. Dan memang ternyata bayam mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan antioksidan pada bayam juga tinggi sehingga tidak kalah manfaatnya dari brokoli.

Buah-buahan

Buah-buahan - Gambar oleh silviarita dari Pixabay

Beralih ke buah-buahan ya sobat, banyak sekali buah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Buah-buah yang berwarna cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Contohnya, pepaya, jeruk, lemon, mangga, jambu, dan stroberi.

Bawang Putih

Bawang Putih - Gambar oleh Pam de Butler dari Pixabay

Bawang putih adalah rempah yang cukup sering digunakan untuk memasak. Bawang putih mengandung zat allicin, zat ini mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih. Bawang putih juga mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan parasit, serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Makanan Laut

Kerang - Gambar oleh PaulNI dari Pixabay

Makanan sehat tidak hanya buah dan sayuran ya sobat, makanan laut seperti ikan, tiram, dan kerang juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Makanan-makan tersebut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Itulah berbagai jenis makanan yang bisa kalian konsumsi untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Namun kalian juga harus ingat, selain makanan yang sehat, pola hidup sehat juga perlu kalian lakukan untuk menjaga kesehatan, seperti rajin olahraga dan istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat, dan semoga kalian semua sehat terus ! Terima kasih