MelangkahYukย –ย Pijat refleksi, suatu jalan pintas untuk mengobati atau mencegah, bahkan sekedar memelihara kesehatan tubuh bagi kita. Pijat pada umumnya memerlukan bantuan orang lain, namun bagaimana dengan pijat refleksi ? Tentu kalian semua bisa melakukannya sendiri tanpa merepotkan teman ataupun keluarga kalian, tapi hati hati juga yaa dalam melakukan pijat refleksi, karena mungkin saja kalian akan melakukan kesalahan pada saat menekan atau memijat bagian tubuh kalian. Karena bila salah tekan, nanti khasiat dan efeknya kurang maksimal bahkan bisa salah juga loh.

Maka dari itu, sebelum kalian melakukan pijat refleksi ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara melakukan pijat refleksi. Ya, disini mimin Melangkah Yuk akan memberitahukan bagaimana cara menekan titik refleks dan lamanya waktu penekanan pada titik refleks.

Cara Menekan pada Titik Refleks

Usahakan menekan denan menggunakan jari-jari berikut ini :
1. Dengan ujung jari telunjuk.
2. Dengan ujung jari telunjuk yang di perkuat dengan jari tengah.
3. Dengan ujung ibu jari.
4. Dengan gelangan pertama ibu jari.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah :

Cara menekan pada titik refleks
Cara menekan pada titik refleks

Tekanlah titik refleks pada kaki dan tangan sebelah kiri terlebih dahulu, kemudian baru yang kanan, karena pembuluh darah yang ke jantung lebih besar.

Lamanya Menekan Titik Refleks

1. Tekanlah titik refleks dengan tekanan yang tidak terlampau keras.
2. Tekan selama kurang lebih 1- 3 menit.

Itulah cara memijat refleksi, semoga bermanfaat bagi kalian pembaca web ini, terima kasih.