MelangkahYuk – Kita semua sudah tahu dong apa itu onani atau masturbasi? Yapp.. Onani atau masturbasi menurut menurut ilmu kedokteran adalah salah satu aktifitas hiperseksual yang dapat mengganggu fisik dan mental. Kok bisa fisik dan mental? Orang yang sering masturbasi akan mudah lelah, mudah marah, mudah tersinggung, dan cenderung anti sosial. Candu masturbasi dan candu narkoba sama berbahayanya, karena berdampak buruk dari dalam dan luar tubuh dengan jangka waktu yang panjang.

Jika sudah demikian maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan masturbasi:

1. Niat

Niat
Untuk berhenti masturbasi, kamu harus memiliki niat dan tekad yang kuat. Photo by Pexels

Ya, semua berawal dari niat. Apapun kegiatan yang tidak disertai niat tidak akan ada hasilnya. Niat sendiri tergolong susah-susah gampang. Ada beberapa orang yang berhasil, adapula yang berhenti ditengah jalan. Niat akan terasa mudah jika kita memberi reward maupun punishment dalam menjalankannya. Beri diri kita reward jika berhasil selama 3 hari dengan makan enak, selanjutnya selama 1 minggu dengan membeli pakaian, sampai berlanjut.

Begitu pula dengan punishment, misal ketika tidak tahan selama 3 hari kita berpuasa sehari, tidak tahan seminggu beramal dengan jumlah besar sampai kita jera. Kenapa saya memberi contoh punisment dengan beramal? Karena kita lebih takut kehilangan uang untuk beramal dalam jumlah besar daripada menjadi lebih baik untuk kedepannya.

2. Melakukan hobi

Sepakbola
Sepakbola bisa menjadi salah satu hobi yang bisa kamu pilih. Photo by Pixabay

Kita semua pasti punya hobi bukan? Banyak orang yang sudah meninggalkan hobi karena sibuk, tidak punya waktu, pusing mikirin kerjaan, keluarga, kredit rumah, mobil, motor dan lain-lain. Pernah ga sih kita melakukan hobi sampe lupa waktu? Nah hobi ini salah satu kegiatan yang dapat mengasah otak kita agar lebih kreatif. Otak akan cenderung kreatif jika kita melakukan kegiatan yang kita sukai.

Jadi pikiran kita tentang Sasha Grey, Julia, Tsubasa Amami akan tertutupi dengan melakukan hobi yang kita lakukan.

3. Berolahraga

Olahraga
Lakukan olahraga agar badanmu sehat. Photo by @stage7photography

Semua artikel yang memuat tentang “Cara menghentikan Masturbasi” pasti ada poin ini. Saya sendiri setuju dengan poin ini, mengapa? Karena dengan kita berolahraga dapat melepaskan endorfin, yaitu hormon kenikmatan yang merangsang seseorang dalam meningkatkan suasana hati, dan juga dapat memicu perasaan positif dalam tubuh.

Dengan kita berolahraga maka badan kita lebih segar dan berenergi. Karena capek maka kita dapat tidur dengan nyenyak dimalam harinya. Dengan begitu tidak ada kesempatan buat kita masturbasi dimalam hari.

4. Beraktivitas sosial

Bersosialisasi
Bersosialisasi bisa membuatmu melupakan hal-hal yang tidak perlu. Photo by Pixabay

Beraktivitas sosial ga selalu dengan main. Bisa juga dengan rapat karangtaruna, rapat BEM, membuat gapura, mengaspal jalan, membuat bandara dan lain-lain. Manusia itu hakikatnya adalah makhluk sosial. Dengan kita beraktivitas sosial maka pikiran kita akan sibuk dengan hal-hal positif serta terhindar dari memkirkan neng Sasha maupun mba Amami, kecuali kita nobar bareng disela-sela tersebut.

5. Hindari hal yang memicu onani

Memikirkan
Jangan terlalu sering memikirkan hal-hal jorok. Photo by Pexels

Poin ini penting karena seperti kata bang Napi, “Masturbasi terjadi bukan hanya karena niat pelakunya, tetapi juga ada kesempatan. Waspadalah!!! Waspadalah!!!.” Terkadang kita sudah niat namun kesempatan berkata lain. Untuk itu kita harus menutup kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Misal kita buat foto keluarga dengan ukuran besar di kamar, pasang wallpaper hape maupun pc dengan foto kepala sekolah maupun dekan atau pula dengan dosen killer.

Jangan lupa hapus juga folder “si Unyil”, “skRiPsi”, “Fast Furious”. Browser jangan lupa block website brazzer dan lain-lain. Yang lebih penting lagi hapus VPN di hape maupun pc.

6. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Beribadah
Jangan lupa beribadah dan selalu ingat dengan Tuhan. Photo by @matin_firouzabadi

Kita sudah berusaha semaksimal kita untuk berhenti, tetapi kita lupa bahwa Tuhan dapat membantu kita untuk menjadi lebih baik. Dengan kita ingat Tuhan maka kita ingat dosa, dengan kita ingat dosa maka kita ingat mati. Hidup hanya sekali akan lebih baik jika kita menyeimbangkan hidup kita dengan kegiatan bermanfaat untuk dunia maupun akhirat. Hidup harus seimbang agar tidak gila dan lupa.

Itulah beberapa tips agar kamu bisa berhenti melakukan masturbasi. Dengan berhenti masturbasi, selain jadi sehat kamu juga makin aktif berkarya dan bekerja sehingga punya masa depan yang lebih baik.