MelangkahYuk – Dewasa ini banyak dari kita yang menganggap bahwa daun kelor selalu berhubungan dengan hal-hal mistik. Banyak dari kita yang menggunakannya untuk mengusir makhluk tak kasat mata, mengusir aura negatif bahkan sebagai obat mujarab bagi orang kesurupan. Saya sendiri tidak tahu adakah hubungan antara daun kelor dengan makhluk tak kasat mata, secara ilmiah sendiri belum ada yang menjelaskan tentang ini.

Namun tahukah kita bahwa daun kelor juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa hasil yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa daun kelor dapat membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional beberapa macam penyakit. Berikut adalah manfaat dari daun kelor:

Menyehatkan mata

Obat mata
Daun kelor bisa mengobati sakit mata. Photo by Pixabay

Yap, menyehatkan mata. Terdengar asing karena hal ini jarang diketahui beberapa orang. Walaupun tidak berwarna merah seperti tomat, pepaya maupun wortel, faktanya kandungan vitamin A cukup banyak yaitu dalam 100 g daun kelor terdapat 3390 SI vitamin A. Jauh lebih tinggi daripada wortel. Mengingat ribetnya mencari daun kelor maka lebih mudah cari wortel saja.

Kandungan gizi bagi ibu menyusui

ASI
Daun kelor bisa menambah kandungan gizi air susu ibu. Photo by @kellysikkema

Sudah rahasia umum jika ibu menyusui sangat membutuhkan nutrisi yang cukup, salah satunya zat besi. Selain bayam dan kangkung, ternyata daun kelor mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Bagi ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi daun kelor untuk memberi asupan zat besi yang cukup.

Anti Penuaan

Mencegah penuaan
Daun kelor bi9sa mencegah penuan. Photo by @joaoattitude1

Siapa disini yang ingin terlihat muda? Semua orang pasti akan tua, namun terlihat muda adalah dambaan hampir semua orang. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun kelor dapat mencegah efek radikal bebas, memperlambat efek penuaan, serta menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

Mengobati cacingan

Cacingan
Daun kelor bisa untuk mengobati cacingan pada anak. Photo by Pixabay

Anak ibu lesu? Tidak bersemangat? Mungkin itu tanda cacingan. Daun kelor juga bermanfaat sebagai obat cacingan. Tidak percaya? Percayalah. Caranya adalah dengan merebus 3 lembar daun kelor dengan daun cabai dan meniran. Air hasil rebusan tersebut diminumkan pada penderita cacingan. Ini untuk mengurangi infeksi cacing, terutama cacing kremi dan cacing pita.

Menurunkan kolesterol

Kolesterol
Daun kelor bisa menekan kolesterol yang membandel di tubuh. Photo by Pixabay

Sekarang banyak hal yang dapat memicu naiknya kolesterol baik itu dari makanan maupun gaya hidup. Data World Health Organization (WHO) tahun 2012 menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskuler atau 31% dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia.

Lebih dari 3/4 kematian akibat penyakit kardiovaskuler terjadi di negara berkembang yang berpenghasilan rendah sampai sedang. Banyak makanan nabati yanga dapat menurunkan kolesterol seperti biji rami, oat dan almond. Sebuah studi menunjukan bahwa daun kelor memiliki efek penurun kolesterol yang serupa dengan oat, almond, maupun biji rami. Ternyata selain berguna bagi hal-hal berbau klenik, daun kelor juga bermanfaat bagi tubuh secara ilmiah.

Itulah beberapa manfaat dari daun kelor yang bisa kamu ketahui. Setidaknya, jika kamu mengalami beberapa penyakit, kamu bisa mengobatinya dengan cara herbal melalui daun kelor ini. Semoga bermanfaat.