MelangkahYuk – Familiar dengan Amandel? Tentunya bagi kalian yang mungkin pernah mengalaminya atau mungkin ada saudara kalian yang mempunya penyakit ini, sudah tidak asing mendengar atau melihatnya. Bagi yang belum tahu, bahkan belum pernah mendengarnya, ada sedikit penjelasan nih dari kita tentang penyakit amandel.

Penyakit amandel adalah infeksi yang terjadi pada amandel yang menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit. Amandel merupakan ganjalan daging yang sebenarnya adalah kelenjar getah bening pada kedua sisi di tenggorokan bagian belakang. Karena penyebab penyakit amandel itu ada berbagai macam, misal mulai dari menghirup asap rokok dan sebagainya, penderita penyakit ini cukup banyak.

Penyembuhan atau pencegahan penyakit amandel pun ada banyak cara, bahkan ada yang sampai operasi, cukup ngeri juga yaa. Namun apabila penyakit amandel belum begitu parah, bisa juga melakukan pengobatan secara rutin dan menghindari segala hal yang bisa menyebabkan amandel semakin parah. Dan yang menarik lagi dan mungkin bisa jadi alternatif kalian untuk menyembuhkan amandel, ada juga nih pijat refleksi untuk menyembuhkan amandel.

Sebelumnya di MelangkahYuk telah dibahas tentang pijat refleksi, bagi kalian yang masih belum membacanya, bisa membacanya di sini Cara Melakukan Pijat Refleksi. Bagi kalian yang sudah membaca atau mungkin bahkan sudah sedikit mempraktekannya, pasti kalian sudah mengetahuinya. Naah, di post ini kita akan membahas bagaimana mengobati penyakit amandel dengan pijat refleksi. Yuk langsung kita bahas.

Untuk menyembuhkan penyakit amandel tekanlah titik-titik refleks di kaki dan tangan seperti pada gambar di bawah ini, tekan selama kurang lebih 1-3 menit.

Titik pijat refleksi untuk menyembuhkan penyakit amandel
Titik pijat refleksi untuk menyembuhkan penyakit amandel

Keterangan :

1. Refleks pada punggung kaki

  • Titik pada lekukan kaki kanan dan kiri, titik pada punggung kaki lurus jari ke dua dan ibu jari kaki.

2. Refleks tangan

  • Titik pada telapak tangan lurus dari jari telunjuk

3. Refleks pada telapak kaki

  • Titik di tengah-tengah ibu jari kaki
  • Titik antara ibu jari dan telunjuk
  • Titik pada tepi telapak kaki bagian dalam

Itulah cara memijat refleksi untuk penyembuhan penyakit amandel, lakukan pemijatan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Mudah kan ? Semoga bermanfaat bagi kalian pembaca web ini, selamat mencoba ! terima kasih. πŸ™‚