MelangkahYuk – Belum lama ini, publik dikejutkan dengan tertangkapnya salah satu komedian Indonesia, Nunung, akibat terjerat kasus narkoba. Dia bersama suaminya tertangkap pada Jumat (19/7/2019) di rumahnya. Sebenarnya, selain Nunung, masih banyak komedian atau bahkan artis yang terjerat kasus narkoba di Indonesia.

Penyalahgunaan penggunaan narkoba sudah menjadi fenomena global yang sangat berbahaya dan menakutkan bagi bangsa dan negara. Dampak buruk dari penggunaan narkoba juga sudah hampir menyentuh ke berbagai lapisan masyararkat bahkan kini sudah sampai di lingkungan sekolah.

Kondisi ini jadi masalah bagi remaja dan orang tua. Maka dari itu, hal yang paling utama agar tidak menyalahgunakan narkoba yaitu dengan cara “mencegah”.

Selain itu, sebenarnya masih ada beberapa cara agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Hal itu bisa dilakukan dari lingkungan keluarga. Berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan oleh orang tua dalam upaya pencegahan narkoba dilansir dari BKKBN:

Peran serta orang tua dalam menjelaskan mengenai narkoba

Narkoba
Bersama-sama berdiskusi mengenai efek buruk penyalahgunaan narkoba. Photo by Pexels

Orang tua harus memiliki pengetahuan secara jelas tentang narkoba , agar dapat memberikan pengetahuan dan pembekalan pada anak tentang ganasnya narkoba dan bagaimana cara menghindarinya.

Segera periksa jika anak alami perubahan tidak lazim

Hindari kepercayaan diri yang berlebihan bahwa anaknya adalah anak yang sempurna dan tidak punya masalah, ini perlu dilakukan agar secepatnya dapat mendeteksi dini bila ada perubahan yang tidak lazim pada anaknya.

Lakukan pengawasan

Jangan segan mengawasi dan mencari penyebab terjadinya perubahan tingkah dan perilaku pada anaknya. Cek secara berkala kondisi kamar (bila anak memiliki kamar pribadi), pakaian yang habis dipakai (isi kantong, aroma pakaian, dls) tas sekolah dan atribut lainnya. (dalam melakukannya perlu strategi yang baik agar tidak menimbulkan konflik dengan anaknya).

Jadilah role model yang baik

Teladan
Jadi contoh yang baik untuk anak. Photo by Pexels

Orang tua sebaiknya dapat menjadi model dan contoh yang baik bagi anaknya serta sekaligus juga dapat berperan sebagai sahabatnya. ( agar anaknya tidak segan mencurahkan segala isi hati, pendapat dan permasalahan yang dihadapinya).

Terapkan delapan fungsi keluarga

Menerapkan dan membudayakan delapan fungsi keluarga di dalam kehidupan sehari-hari keluarga. Agar muncul rasa nyaman pada anak ketika berada di lingkungan keluarganya.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar tidak terjadi penyalahgunaan narkoba. Ingat, pencegahan ini bisa dilakukan di mana saja dan bisa dimulai dari keluargamu sendiri agar anak-anak dan remaja yang jadi harapan bangsa bisa tumbuh dan berkembang jadi pribadi yang bermanfaat.