MelangkahYuk – Siapa disini yang merasa jijik dengan cicak? Hampir semua orang akan merasakannya entah itu pria maupun wanita. Cicak sendiri bukanlah binatang yang mengganggu. Namun kehadirannya di rumah sering membuat risau. Setiap melihat cicak pasti pengen banget buat mengusirnya atau kalo perlu membunuhnya. Tenang dan tak perlu risau, berikut beberapa tips yang dapat membuat cicak pergi dari rumah.

Basmi serangga di rumah

usir serangga
Usir serangga dari rumah agar cicak tidak masuk ke rumahmu. Photo by Tribunnews

Kok basmi serangga? Kan mau membasmi cicak? Sabar, sabar. Serangga adalah makanan utama dari cicak. Seringkali cicak memakan nyamuk, lalat atau serangga lainnya. Jika sumber makanannya tidak ada, maka cicak pasti akan pergi mencari tempat lain yang banyak serangga. Otomatis cicak pergi dari rumah.

Bersihkan kolong-kolong

Cicak sangat suka bersembunyi di kolong-kolong. Tidak melulu di dinding maupun di langit-langit, cicak juga mencari makanan di kolong-kolong. Kolong yang kotor sering menjadi sarang nyamuk. Jika kita membersihkannya maka kolong bersih dan nyamuk tidak bersarang lagi. Terlebih lagi cicak akan pergi mencari tempat baru.

Menutup makanan

Tutup makanan
Jangan biarkan makanan terbuka karena itu sangat disukai cicak. Photo by @eaterscollective

Kenapa perlu menutup makanan? Ternyata cicak juga menyukai makanan yang kita makan. Ngga percaya? Silahkan buktikan. Cicak seringkali mencari makanan yang tidak tertutup, untuk itu kita perlu menutupnya. Menaruh di kulkas adalah solusi terbaik.

Bau tembakau

Cicak juga tidak suka dengan bau tembakau. Caranya? Masukan tembakau kedalam plastik lalu ikat. Setelah itu beri beberapa lubang pada plastik tersebut lalu letakan pada tempat strategis dimana cicak sering jumpa.

Memasang AC

Memasang AC
Memasang AC di dalam ruangan bisa untuk mengusir cicak. Photo by @hanief_syafi

Pernah tidak kita melihat cicak ditempat ber-AC? Saya yakin pasti tidak pernah. Ternyata udara dingin yang dihasilkan oleh AC sangat tidak disukai oleh cicak. Jika punya budget lebih, opsi ini bisa jadi pilihan untuk mengusir cicak. Namun jangan memaksakan menggunakan opsi ini jika keuanganmu belum cukup.

Selalu memburunya

Memburu? Ya. Jika kita melihat cicak, jangan takut. Ambil sapu atau benda lain lalu buru cicak hingga hilang. Jika perlu buru sampai mati. Dengan melakukan hal tersebut berulang-ulang maka cicak akan merasa bahwa jika ada kita pasti akan diburu. Jadi jika kita masuk ruangan maka cicak akan pergi dengan sendirinya. Hal ini sudah saya buktikan dan terbukti ampuh.

Cangkang telur

Cangkang telur
Cangkang telur membuat cicak pergi. Photo by Pexels

Pernahkan kalian masak telur dadar atau rebus? Jangan buang cangkang telur tersebut. Ternyata cicak sangat tidak menyukai bau dari telur mentah. Silahkan tempatkan cangkang telur tersebut pada tempat strategis. Namun jika anda tidak menyukainya silahkan cari opsi lainnya.

Bawang putih

Bawang putih? Sebenarnya kita ingin usir cicak atau vampir? Jangan salah, ternyata cicak juga tidak menyukai bau bawang putih. Caranya kupas bawang putih tersebut lalu letakan pada tempat dimana cicak sering hinggap. Jika perlu membuat jus bawang putih lalu semprotkan. Tetapi jangan salahkan saya jika ruangan akan bau bawang putih.

Lada hitam

Dengan menggunakan lada hitam kita bisa mengusir cicak dengan mudah. Larutkan bubuk lada hitam dalam air lalu semprotkan pada area yang banyak cicaknya. Bau dari lada hitam sangat menyengat bagi cicak sehingga cicak tidak suka dengan lada hitam.

Memelihara kucing

Memelihara kucing
Memelihara kucing untuk memburu cicak liar di rumah. Photo by @jaehunpark

Siapa disini yang memelihara kucing? Sungguh beruntung sekali mempunyai hewan yang menggemaskan ini. Selain menggemaskan ternyata kucing merupakan salah satu musuh alami daripada cicak. Seperti halnya hewan kecil lainnya, ternyata kucing mempunyai rasa penasaran yang tinggi sehingga ketika melihat cicak akan memburunya sampai dapat.

Intinya jika kita ingin rumah kita bebas cicak, maka jadikan rumah kita bebas dari makanannya dan selalu membersihkan rumah secara teratur. Untuk membuktikan mana yang ampuh silahkan coba satu persatu. Selamat mencoba.