Saat ini sudah memasuki bulan ramadan yang artinya umat muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa adalah menahan hawa nafsu sejak terbitnya hingga terbenamnya matahari. Menjelang matahari mulai terbenam, semua orang yang menjalankan ibadah puasa pasti akan menyiapkan menu buka puasa. Nah, bagi kamu yang anak kos, di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai menu buka puasa untuk anak kos.

Apalagi di masa pandemi corona seperti saat ini, pasti kamu sebagai anak kos akan kesulitan mencari makanan untuk menu buka puasa. Oleh karena itu, admin akan menjelaskan beberapa menu buka puasa untuk anak kos di bawah ini:

Berbuka dengan kurma dan teh manis

Menu Buka Puasa untuk Anak Kos
Kurma dan teh hangat. Photo by Grid

Sudah jadi kebiasaan bahwa setiap berbuka puasa harus mengonsumsi makanan atau minuman manis. Nah salah satu yang bisa dikonsumsi oleh anak kos ialah kurma dengan didampingi teh manis. Dengan mengonsumsi kurma dan teh manis, kamu tidak perlu repot memasak makanan. Tinggal beli saja kurma di pasar lalu sajikan saat berbuka puasa. Terlebih kruma memiliki kandungan yang nutrisi yang baik untuk tubuh. Jadi, kamu tak perlu ragu ya untuk mengonsumsi kurma sebagai menu buka puasamu.

Oatmeal

Menu Buka Puasa untuk Anak Kos
Oatmeal. Photo by Pexels

Jika biasanya kalau di rumah kamu memakan nasi, saat kamu jadi anak kos kamu bisa menggantinya dengan oatmeal. Selain praktis, oatmeal juga baik untuk kesehatanmu. Sebab, oatmeal mengandung sejumlah nutrisi dan serat yang baik untuk melancarkan pencernaanmu. Kamu tidak perlu khawatir saat memilih mengonsumsi oatmeal karena oatmeal merupakan makanan yang mengenyangkan. Untuk membuatnya, kamu bisa campurkan oatmeal dengan madu, potongan buah, ataupun granola di atasnya.

Roti gandum dengan selai kacang

Menu Buka Puasa untuk Anak Kos
Roti gandum selai kacang. Photo by Resep Hari Ini

Ingin membuat menu buka puasa yang praktis? Kamu bisa memanfaatkan roti gandum selai kacang. Roti gandum mengandung kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis roti lainnya. Selain itu, kandungan seratnya bisa dikatakan 3 kali lebih banyak. Dengan begitu, memakan roti gandum untuk menu buka puasa sangat baik.

Jangan lupa untuk menambahkan selai kacang di roti gandum tersebut. Dengan begitu, menu buka puasamu lengkap dan kamu akan mendapatkan banyak protein, serat, vitamin #, dan vitamin B-6.

Salad buah

Menu Buka Puasa untuk Anak Kos
Salad buah. Photo by Pexels

Buah bisa menjadi pilihan favorit sebagai menu berbuka puasa. Sebab. buah-buahan dapat membantumu memenuhi kebutuhan cairan saat puasa. Belu lagi kandungan vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik untuk tubuhmu. Agar memiliki variasi, kamu bisa membuat salad buah. Siapkan beberapa potong buah seperti buah naga, melon, mangga, dan lain-lain sesuai seleramu. Masukkan potongan-potongan buah tersebut ke dalam satu wadah lalu siram dengan yoghurt secukupnya.

Nasi telur dadar

Menu Buka Puasa untuk Anak Kos
Nasi telur dadar. Photo by Kompas

Menu buka puasa untuk anak kos selanjutnya ialah nasi telur dadar. Telur merupakan salah satu andalan selama tinggal di kos-kosan. Hal itu karena telur mudah didapatkan dan bisa diolah menjadi berbagai sajian makanan yang lezat dan menggugah selera. Maka dari itu, kamu bisa memakan nasi telur dadar sebagai menu berbuka puasa saat masih tinggal di kosan.

Itulah daftar menu makanan untuk buka puasa bagi anak kos yang bisa dijadikan inspirasi. Perlu diingat ya, selama berbuka puasa kamu jangan sampai memakan makanan dengan berlebihan. Lebih baik secukupnya agar perutmu tidak sakit. Semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu.