MelangkahYuk – Sebagai perantau, sudah pasti kamu harus bisa bertahan hidup di kota tujuanmu. Apalagi, jika kota tujuanmu adalah salah satu kota besar. Kota besar sudah pasti identik dengan biaya hidup mahal dan melelahkan karena setiap hari akan menghadapi macet. Jangankan untuk bersenang-senang, harga kebutuhan pokok saja bisa jadi lebih mahal dari kota lainnya.

Nah untuk bertahan hidup di kota besar, admin punya tips yang bisa kamu ikuti. Inilah beberapa tips yang harus dilakukan.

Hemat biaya tempat tinggal

Karena merantau, sudah pasti harus memiliki tempat tinggal sendiri. Apalagi jika kamu tidak punya saudara yang sudah tinggal lama di kota tujuanmu itu. Sudah pasti kamu harus menyewa kost. Saat memilih kost, kamu harus mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan untuk membayar sewa kost. Misalnya, kamu mengalokasikan sekitar 20 persen gajimu untuk membayar sewa kost yang sudah termasuk biaya listrik, air, dan fasilitas lainnya.

Perbanyak teman

Disaat kamu sedang jauh dengan keluarga, sanak, dan saudaramu sudah pasti teman akan jadi orang yang terdekat denganmu. Maka dari itu tidak ada salahnya memperbanyak teman. Temanmu bisa saja memberikan banyak masukan, solusi, bahkan bantuan yang tidak terduga. Asal itu hal positif dan tidak merugikan orang lain, kamu bisa terima pemberian dari temanmu itu.

Kurangi belanja hal yang tidak perlu

Saat merantau, pasti kamu akan selalu belanja untuk memenuhi kebutuhan di kost. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk belanja, kamu harus siapkan catatan belanja. Hal itu dilakukan agar kamu tidak offside saat belanja. Kamu harus belanja sesuai dengan daftar yang sudah kamu buat ya.

Investasi dan menabung

Jangan lupa untuk berinvestasi dan menabung ya. Karena kedua hal ini akan menjadi penentu masa depanmu setelah merantau. Semakin besar nominal untuk menabung dan investasi, maka ke depannya kamu akan merasakan keuntungan yang besar.

Cari tambahan penghasilan lain

Kamu jangan hanya memanfaatkan satu keran penghasilan saja. Usahakan kamu mencari sampingan yang bisa menambah penghasilanmu. Setidaknya, kamu tidak hanya memanfaatkan satu keran penghasilan yaitu dari gaji bulanan yang kamu terima.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan saat merantau ke kota-kota besar. Tips tersebut memang terlihat mudah, namun saat kamu harus melakukannya pasti akan ada beberapa kendala. Maka dari itu kamu harus tetap semangat dan berusaha ya.