MelangkahYuk – Selepas lulus kuliah, biasanya kamu akan menyandang titel baru yaitu seorang freshgraduate. Dengan titel tersebut, kamu pasti akan bersaing dengan orang lain untuk mencari pekerjaan baik dengan sesama fresgraduate maupun yang sudah berpengalaman.

Namun, kamu gak perlu khawatir. Meski hanya freshgraduate, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu idam-idamkan. Agar hal itu bisa tercapai, kamu bisa ikuti tips di bawah ini.

Pahami deskripsi pekerjaan

Pahami deskripsi pekerjaan
Baca dan pahami deskripsi pekerjaan dengan baik. Photo by Pexels

Sebelum mengirimkan surat lamaran, kamu harus memahami dulu deskripsi pekerjaan yang sudah kamu dapatkan. Hal ini sangat penting, mengingat tiap-tiap pekerjaan memiliki kualifikasi dan deskripsi yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, jika iklan tersebut meminta kamu menyertakan surat pengantar, pastikan kamu menyertakannya. Kemudian, buat resume yang sesuai. Jangan lupa tonjolkan pengalaman dan keterampilan yang kamu miliki sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Aktif berorganisasi dan kompetisi kampus

Aktif organisasi
Aktif berorganisasi saat di kampus. Photo by Pexels

Saat kuliah, memang prestasi akademik sangat penting. Namun, kamu jangan lupakan untuk aktif di luar bidang akademis seperti aktif berorganisasi dan selalu ikut kompetisi yang ada di kampus. Hal itu bisa mempercantik CV yang akan kamu miliki nantinya sehingga perusahaan yang kamu lamar akan mempertimbangkanmu untuk melaju ke tahap seleksi karyawan selanjutnya.

Ikut dalam kegiatan amal

Ikut volunteer
Ikut kegiatan amal atau volunteer agar CV mu bagus. Photo by Pexels

Biasanya, jika kamu menjadi volunteer dalam kegiatan amal maka akan bertemu dengan banyak orang baru. Hal itu bisa membuatmu menambah koneksi nantinya saat kamu sedang mencari pekerjaan. Selain itu, sama dengan yang sudah dijelaskan di atas, dengan ikut dalam kegiatan amal kamu akan lebih dipertimbangkan. Jangan lupa untuk menulis jobdesk saat kamu ikut kegiatan tersebut ya.

Bangun personal brand yang bagus

Personal branding
Bangun personal branding sangat penting untuk pencari kerja. Photo by Pixabay

Membangun personal brand bisa kamu lakukan melalui media sosial. Hal itu disebabkan biasanya HRD perusahaan-perusahaan akan menelitimu melalui media sosial aktifmu. Maka dari itu, jangan lupa untuk lebih beretika saat bermain media sosial dan jangan pernah memosting hal-hal yang memalukan.

Baca ulang resume dan surat lamaran

Baca ulang resume
Baca ulang dan edit resume agar tidak ada kesalahan. Photo by @glenncarstenspeters

Memeriksa surat lamaran dan resume sangat penting. Hal itu dikarenakan untuk menghindari kesalahan penulisan tata bahasa dan ejaan. Selain itu, saat melamar pekerjaan kamu harus gunakan alamat email yang profesional. Kamu juga bisa membuat email khusus untuk melamar pekerjaan agar menjadi lebih maksimal.

Itulah beberapa tips untuk freshgraduate agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan. Jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan agar segala hal yang kamu jalani bisa lancar.