MelangkahYuk – Rekan kerja adalah seseorang yang selalu kita temui setiap hari di tempat kerja. Dengan kita mengenal lebih dekat maka akan mengenal lebih jauh seperti apa rekan kerja kita. Namun akrab dengan rekan kerja memiliki dua sisi yang berbeda baik itu positif maupun negatif. Begitu pula dengan tidak terlalu akrab dengan rekan kerja kita. Banyak yang beranggapan sebagai hal negatif. Kita sering dianggap sebagai sombong, anti sosial, kutu buku dan lain sebagainya. Ternyata dengan kita tidak terlalu akrab dengan rekan kerja akan membuat kita merasakan beberapa manfaatnya. Berikut adalah manfaat tidak terlalu akrab dengan rekan kerja.

Terhindar dari konflik

Siapa sih yang suka dengan konflik? Hampir semua orang tidak suka dengan adanya konflik. Terlebih dengan rekan kerja sendiri. Ketika kita bekerja namun perasaan selalu tidak nyaman dengan adanya konflik. Hal ini akan berakibat pada performa kita. Dengan kita memilih tidak terlalu akrab maka akan membuat kita berinteraksi seperlunya saja. Selama itu masih dalam konteks pekerjaan.

Profesionalitas tetap terjaga

Tentu saja dalam bekerja perlu adanya profesionalitas. Jika kita terlalu akrab dengan rekan kerja bahkan sampai cinlok, hal ini akan menyebabkan urusan pribadimu akan mengganggu urusan pekerjaan. Jika hal ini terjadi maka dalam setiap mengambil keputusan tidak berdasarkan profesionalitas, namun dengan perasaan. Ini akan membuat keputusan tersebut justru memperburuk keadaan yang ada.

Lebih bijaksana

Jika kamu hanya sekadar tahu saja dan bukan mengenal lebih dalam rekan kerjamu, maka kamu tidak perlu pusing dalam mengambil keputusan. Kamu akan lebih bijaksana dengan menyamaratakan semua rekan kerja tanpa memandang sifat setiap individu dan juga untuk menghindari sifat baper beberapa individu.

Produktifitas meningkat

Percaya tidak jika dengan sekadar tahu rekan kerja tanpa mengenal lebih dalam akan meningkatkan produktifitas? Kamu akan berinteraksi dengan mereka seperlunya saja, tidak perlu gosip atau membicarakan hal diluar pekerjaan dimana waktu tersebut sangat berharga dalam setiap pekerjaan. Kamu dapat lebih fokus terhadap pekerjaanmu dan akan menyelesaikan setiap pekerjaan secara maksimal dengan waktu yang efisien. Hasilnya? Kamu dapat pulang tenggo tanpa harus keteteran dengan pekerjaanmu.

Memiliki banyak waktu luang

Siapa sih yang pengen liburan atau sekadar istirahat melepas penat setelah selesai bekerja? Jika kamu sudah punya acara sendiri kamu tidak perlu merasa tidak enak dengan rekan kerjamu jika kamu orang yang hanya sebatas tahu dengan rekan kerjamu. Kamu akan bebas memilih aktifitasmu sendiri dimanapun, kapanpun tanpa takut menyakiti perasaan rekan kerjamu.

Terhindar sifat buruk

Jika kamu mengenal lebih jauh dengan rekan kerjamu ini seperti pisau bermata dua, dimana kamu punya keuntungan karena tahu sifatnya namun juga dapat berdampak kepadamu jika sifat buruknya keluar dari rekan kerjamu. Contoh saja, jika rekan kerjamu adalah orang yang suka mengutang dan kamu adalah rekan kerjanya yang paling dekat. Maka kamu dapat menebak sendiri kan gimana kelanjutannya? Saya tidak perlu menjelaskan karena kita satu suara.

Karier berkembang

Dengan kita menjadi profesionalitas tanpa memandang siapa rekan kerja kita, maka kita akan mudah dalam mengambil segala tindakan tanpa perlu takut dengan rasa ga enakan atau baper dan lainnya. Keputusan yang kamu buat juga akan menghasilkan sesuatu yang baik. Tindakan dan keputusan yang kita buat secara objektif akan menghasilkan hasil yang positif bagi dirimu dan juga tempatmu bekerja.