MelangkahYuk – Apa itu ransomware? Menurut John Villasenor, seorang profesor di the University of California, Los Angeles, Ransomware merupakan sejenis malware yang intinya mampu mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga tebusan dibayar. Di Indonesia, ransomeware sempat jadi salah satu trending karena beberapa institusi pemerintahan terserang malware tersebut. Lalu memang seperti apasih bahaya dari ransomware tersebut? Berikut ini bahaya ransomware bagi PC kalian .

Semua file terproteksi enkripsi dari pembuat ransomware

Ini termasuk ancaman terbahaya dari ransomware. Karena file kalian akan berubah file ekstensinya dan terenkripsi, biasanya si pembuat ransomware ini akan menyisipkan file teks dalam folder yang terenkripsi dan memaksa kalian menghubungi si pembuat ransomware agar file kalian bisa kembali. Dan tentunya itu tidak gratis.

Hilangnya data

Seperti dijelaskan di poin sebelumnya, seluruh file kalian akan terproteksi sehingga mau tidak mau, file yang kalian punya baik itu file penting atau tidak penting dan berhasil ter-scan oleh ransomware maka file tersebut akan hilang. Sekedar tips, kalian dapat mengatasi ini dengan recovery tools, untuk mengembalikan file kalian, tapi pastinya tidak akan seutuh sebelum kalian terserang ransomware.

Membuat PC kalian harus di instal ulang

Apabila kalian tidak berhasil menyembuhkan PC kalian yang terkena serangan ransomware, menginstal ulang adalah pilihan yang tepat. Sehingga ransomware akan hilang dari PC anda. Ini sangat merugikan kalian sebagai pemilik PC. Karena kalian harus menginstal seluruh program yang biasanya kalian pakai, dan juga merecovery data kalian yang hilang akibat ransomware.

Itulah bahaya dan resiko ransomware bagi PC kalian. Disarankan untuk kalian yang suka mendownload software gratis di internet untuk berhati-hati dan cermat dalam menginstal program tersebut. Be carefull ya sobat MelangkahYuk. Terima Kasih