MelangkahYuk – Minggu ini para klub sepakbola sedang melakukan tur pra musim. Dan seperti biasa, sembari mereka mengadakan tur pra musim para klub sepakbola tersebut mengikuti kompetisi yang bernama International Championship Cup. Perlu kalian tahu, awalnya kompetisi yang di dirikan oleh Relevent Sports ini hanya di adakan di Amerika dan Canada, tepatnya pada tahun 2013 & 2014. Namun setelah itu kompetisi ini juga di adakan secara regional di negara lain, yaitu China, Australia & Singapore. Berikut ini daftar pemenang International Championship Cup 5 tahun terakhir.

Manchester United (2014)

Kala itu kompetisi ini di adakan di Amerika dan diikuti oleh 8 klub sepakbola yang di bagi menjadi 2 grup. Selanjutnya pemuncak klasemen dari kedua grup bertarung di laga final. Manchester United harus menghadapi Liverpool di laga final yang di adakan di Stadion Sun Life Stadium, Miami Gardens, Florida sebelum meraih juara International Championship Cup tahun 2014 ini. Skor berakhir 3 – 1 untuk kemenangan Manchester United.

Paris Saint-Germain & Real Madrid (2015)

Di tahun 2015 International Championship Cup di adakan di tiga negara yaitu USA, Australia & China. 15 tim yang berpartisipasi di bagi menjadi 3 grup dengan jumlah berbeda di tiap negara. Real Madrid menjadi satu satunya tim yang bermain di dua negara, di China & Australia dan berhasil menjadi pemuncak klasemen di kedua grup tersebut. Mengungguli Roma dan Manchester City di Australia, serta Inter Milan dan AC Milan di China. Sementara Paris Saint-Germain menjadi juara setelah memuncaki klasemen di grup yang bermain di USA.

Paris Saint-Germain & Juventus (2016)

Pada tahun 2016 International Championship Cup kembali di adakan di tiga negara seperti tahun 2015. Bedanya kali ini hanya di grup USA dan Australia yang mempunyai juara. Dikarenakan kompetisi di China tidak bisa di selesaikan dengan alasan waktu itu cuaca di Beijing sedang tidak kondusif dan cukup ekstrim. PSG kembali menjadi juara di USA dan Juventus berhasil meraih juara di Australia.

Barcelona & Inter Milan (2017)

Tahun 2017 International Championship Cup kembali di adakan di negara seperti biasanya, namun ada sedikit yang berbeda, kali ini Australia di gantikan oleh Singapore sebagai negara tempat berlangsungnya kompetisi ini. Barcelona keluar sebagai pemenang di USA dan Inter Milan meraih juara di Singapore. Untuk kompetisi yang dilaksanakan di China bernasib sama seperti kompetisi tahun 2016. Bukan cuaca yang kali ini menjadi penghalangnya, namun dikarenakan seluruh tim yang berkompetisi tidak bermain dengan pertandingan dengan jumlah yang sama.

Tottenham Hotspur (2018)

International Championship Cup diadakan seperti biasanya pada tahun 2018, yang berbeda kali ini seluruh tim yang berpartisipasi di jadikan dalam satu klasemen. Dengan total bermain sebanyak 3 pertandingan dan menghadapi musuh secara acak sesuai tur pramusim masing masing tim. Tottenham Hostpur berhasil meraih juara dengan mengkoleksi 7 poin. Sebenarnya Borrusia Dortmund pun berhasil mengumpulkan poin yang sama tetapi kalah dalam jumlah gol.

Itulah daftar juara International Championship Cup dalam 5 tahun terakhir, kemungkinan tim mana ya yang juara kali ini ? Mungkin bisa jadi tim favorit kalian yang bakal jadi juaranya.