Apakah kamu sudah bekerja? Apakah pekerjaanmu merupakan pekerjaan yang diimpikan? Ataukah sudah puas dengan pekerjaan sekarang? Beberapa dari kita ketika lulus langsung dapat pekerjaan impian, namun banyak pula yang harus berjuang terlebih dahulu. Terlebih lagi banyak dari kita yang stuck dan bingung mau lanjut atau cari pekerjaan baru. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

Tidak punya kesempatan belajar hal baru

Jika selama setahun atau dua tahun hal yang kamu lakukan itu-itu saja, tanpa adanya hal baru atau tantangan, hal itu merupakan tanda awal bagimu untuk segera mencari pekerjaan baru. Sebuah karier pekerjaan seharusnya memberimu kesempatan untuk menggali semua potensi yang ada dalam dirimu. Tidak semua hal tersebut berupa kenaikan jabatan, namun lebih ke pengembangan potensi dan pengetahuan yang kamu miliki.

Terlebih jika kamu memiliki pengalaman sebelumnya sebagai marketing, maka ajukanlah pada bosmu untuk diarahkan bidang tersebut. Jika permintaanmu ditolak, maka lebih baik cari pekerjaan baru. Karena perusahaan yang kreatif dan inovatif akan lebih mudah berkembang daripada sebaliknya.

Tak kunjung naik gaji

Apakah gaji kamu sudah pernah naik sejak pertama kali masuk kerja? Ataukah sudah dapat tanda terimakasih dari pencapaianmu selama ini? Jika kamu selama satu tahun lebih belum mendapatkannya maka perlu dipertanyakan. Pastikan kamu dalam bekerja selalu memberikan yang terbaik. Ajukan kenaikan gaji pada atasanmu. Jika hal tersebut ditolak, maka bersiap-siap untuk mencari pekerjaan yang menawarmu lebih baik. Karena perusahaan sebaiknya menghargai karyawan yang memiliki nilai lebih agar meningkatkan kesejahteraan karyawan dan juga memacu karyawan untuk lebih baik.

Bosan dengan pekerjaanmu

Kamu merasa bosan dengan pekerjaanmu yang sekarang? Seakan hari-hari menjadi tidak bersemangat lagi karena jenuh dengan hal ini. Selagi masih muda maka carilah pekerjaan lain, karena banyak orang sukses tidak pernah bosan dengan suatu pekerjaan.

Bermasalah dengan atasanmu

Bermasalah dengan atasanmu merupakan hal yang buruk dalam suatu karirmu. Jika atasanmu memarahi kamu tanpa adanya hal yang jelas maka sudah seharusnya cari pekerjaan lagi. Ini akan mempengaruhi pekerjaanmu setiap hari. Kamu akan merasa malas karena mau tidak mau akan berhadapan dengan atasanmu. Perbaiki hubungan dengan atasanmu terlebih dahulu. Tunjukan padanya bahwa kamu bisa bekerja dengan baik dan sesuai dengan harapannya. Setelah semuanya terlihat tidak ada perubahan, maka inilah saatnya buat surat pengunduran diri.

Bermasalah dengan rekan kerja

Bekerja adalah suatu kegiatan yang melibatkan banyak pihak. Salah satunya adalah rekan kerja. Rekan kerja ini dapat mempengaruhi pekerjaan kita. Berselisih pendapat menjadi hal yang biasa dalam suatu pekerjaan. Namun jika kita selalu berselisih pendapat dan juga membuat hubungan dengan rekan kerja menjadi buruk, maka tidak ada cara lain selain mengundurkan diri dan mencari pekerjaan lain.

Berusahalah untuk beradaptasi dengan lingkungan dan memberikan yang terbaik. Hubungan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik, hubungan yang buruk akan menghasilkan hasil yang buruk.

Perusahaanmu stagnan atau mengalami kemunduran

Perusahaan pasti ada pasang surutnya. Terkadang perusahaan kita naik namun tak jarang mengalami kemunduran. Kamu harus melihat jika perusahaanmu mengalami kemunduran secara terus menerus maka ini akan mempengaruhi karirmu. Terlebih jika perusahaanmu stagnan, ini berarti bahwa hasil kerjamu selama ini sia-sia. Karena perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bergerak maju walaupun secara lambat. Lakukan yang terbaik jika perusahaanmu sedang menurun agar tetap bertahan dan tidak kolaps. Jika tidak berarti apapun maka lebih baik cari lahan baru untuk karirmu.

Memulai kehidupan baru

Kita bekerja untuk memenuhi penghidupan. Jika kita belum akan menikah maka hal ini tidak perlu dilakukan. Tetapi jika kita sudah ingin menikah maka kita harus pertimbangkan apakah pekerjaan kita yang sekarang dapat memenuhi kehidupa berumah tangga kedepannya. Jika dirasa kurang, maka  kamu harus mencari peluang baru agar kehidupanmu kedepannya lebih terjamin.

Tidak menggunakan potensi terbaikmu

Sayang sekali jika potensi terbaikmu tidak kamu gunakan dalam bekerja. Contoh jika kamu lebih suka mendesain namun kamu bekerja sebagai admin maka kamu akan merasa jenuh dengan pekerjaan tersebut. Coba cari lowongan pekerjaan lain dimana perusahaan tersebut dapat menjadi penyalur daripada potensi terbaikmu.

Mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik

Jika kamu mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik, pertimbangkan hal tersebut. Apakah tawaran tersebut lebih baik dari sebelumnya dari beberapa bidang seperti gaji, tunjangan hidup atau jatah libur dan lainnya. Tidak ada salahnya kamu mengambil kesempatan tersebut.

Menemukan pasion yang baru

Dalam bekerja tidak ada kata terlambat dalam mengejar pasionmu. Jika selama beberapa tahun kamu menemukan pasion barumu dalam pekerjaan ditempat lain, maka hal tersebut dapat dipertimbangkan. Bekerja dengan pasion akan terasa lebih mudah karena dikerjakan dengan senang hati.

Itulah beberapa tips sebelum kamu memutuskan untuk berpindah kerja. Yang terpenting, selama bekerja kamu harus berikan yang terbaik setidaknya kamu akan dikenal sebagai profesional yang hebat.