MelangkahYuk – Kalian pasti pernah mendengar istilah kafe dan bistro kan? Beberapa dari kita pernah mengunjunginya namun tidak memperhatikan perbedaannya. Begitu pula dengan restoran, rumah makan maupun kedai. Kelima istilah tersebut sebenarnya sama-sama menawarkan makanan maupun minuman. Tetapi pernahkah kalian mengetahui perbedaanya? Berikut adalah perbedaanya.

Kafe

Biasanya kalian nongkrong di mana? Kafe selalu jadi opsi bagi beberapa orang. Kafe sendiri juga dikenal sebagai kafetaria. Kafe menurut KBBI adalah tempat minum yang pengunjungnya dapat memesan minuman, seperti kopi, teh, bir, dan kue-kue. Kita sering menjumpai kafe di tempat strategis serta jumlahnya cukup banyak. Kafe sendiri sekarang banyak memiliki konsep yang menarik, mulai dari Cat Cafe, live musik hingga sekadar nongkrong saja. Ukuran kafe cenderung tidak terlalu besar. Menu pada kafe selalu sama dari hari ke hari. Hanya berubah pada event tertentu saja itupun perubahan menunya tidak terlalu signifikan.

Bistro

Pernahkah kalian menonton film Perancis? Pasti tidak asing dengan istilah bistro. Bistro sendiri merujuk pada bar Perancis yang menjual anggur. Jika pada kafe menu makanan tidak berubah, berbeda pada bistro. Bistro selalu mengubah menunya pada siang maupun malam.  Perubahan menu ini juga diinformasikan pada hari tersebut dan musim tertentu. Bistro seringkali dimiliki oleh seorang chef. Sehingga menu dan konsepnya memiliki konsep tersendiri dari yang lain dan menjadi ciri khas pada bistro tersebut.

Restoran

Jika mendengar hal ini pasti yang ada dipikiran kalian adalah mewah, menunya beragam serta biasanya harganya mahal. Suatu tempat dapat dikatakan sebagai restoran apabila telah mencapai standar tertentu seperti standar pelayanan, standar menu, standar konsep interior dan lain-lain.

Restoran juga mempunyai sistem manajemen yang jelas seperti manager, pengawas maupun pelayan. Konsep tempat daripada restoran selalu memberikan kesan mewah dan elegan. Begitu pula dengan makanan yang dihidangkan selalu indah dan tertata cantik.

Rumah makan

Satu hal yang terbayang ketika mendengar rumah makan adalah rumah makan padang. Bayangan kita mendengar rumah makan yaitu mempunyai porsi yang besar serta harga yang relatif murah. Berbeda dengan restoran yang memerlukan standar tertentu, rumah makan tidak terikat dengan aturan baku tersebut.

Rumah makan biasanya dikelola oleh suatu keluarga dengan operasional lebih luwes serta lebih nyaman seperti makan dirumah sendiri. Menunya beragam dan penataanya tidak ada unsur seninya. Beberapa rumah makan menyediakan menu yang sudah matang sehingga tinggal disajikan kepada pelanggan.

Kedai

Kedai menurut KBBI bangunan tempat berjualan (makanan dan sebagainya). Kedai biasanya menjual sembako, sayuran, ikan, jajanan. Terkadang kedai hanya menjual satu jenis tertentu, seperti kedai kopi yang menjual kopi, kedai susu yang menjual susu, serta kedai teh yang menjual teh.

Itulah beberapa pengertian dari kafe, bistro, restoran, rumah makan, dan kedai. Semoga teman-teman tidak salah lagi dalam membedakan kelimanya itu ya.