Bulan puasa tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena pandemi corona, pemerintah memberlakukan suatu kebijakan yaitu Pembatan Sosial Berskala Besar atau biasa disebut dengan PSBB. Meski begitu, bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa harus tetap menjalaninya dengan tulus dan ikhlas karena itu sudah jadi kewajiban bagi umat muslim. Maka dari itu, kamu harus tahu tips menjalani puasa di masa PSBB seperti saat ini.

PSBB memang sudah dilakukan di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Salah satunya ialah DKI Jakarta. Bahkan, sudah ada larangan mudik bagi para warga perantauan yang ada di Jakarta. Dengan kata lain, selama puasa hingga lebaran nanti para perantau tidak boleh untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.

Dengan PSBB ini, masyarakat diharuskan untuk selalu tinggal di tempat tinggal masing-masing jika tidak ada keperluan yang mendesak. Meski begitu, tidak membuatmu harus bermalas-malasan dalam menjalani ibadah puasa. Berikut ini tips menjalani puasa di masa PSBB yang bisa kamu ketahui.

Memasak masakan takjil dan sahur sendiri

Tips menjalani puasa
Memasak trakjil sendiri. Photo by Okezone

Tips pertama menjalani puasa di masa PSBB ini ialah dengan membuat masakan takjil dan sahur sendiri. Hal itu dilakukan agar kita lebih aware dengan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi. Selain itu, kamu juga bisa membuat masakan dengan bahan-bahan yang lebih higienis dan lebih terjamin. Bahkan, kamu juga bisa membuat menu makanan yang kamu inginkan.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bersihkan alat ibadah

Bersihkan alat ibadah
Membersihkan alat ibadah. Photo by Cakidur

Selain memperhatikan kebersihan makanan, kamu juga harus memperhatikan kebersihan peralatan ibadah. Dengan begitu, peralatan ibadahmu akan terbebas dari virus sehingga ibadah yang akan dilakukan jadi lebih khusyuk.Perlu diingat, semua peralatan ibadah apalagi yang masih baru harus tetap diperhatikan kebersihannya. Hal itu dilakukan agar terhindar dari paparan partikel yang terbawa.

Olahraga di rumah

Tips jalani puasa
Lakukan olahraga di rumah. Photo by Pixabay

Meski harus berada di dalam rumah, bukan berarti kamu harus bermalas-malasan. Kamu bisa melakukan olahraga di rumah. Saat ini sudah banyak cara-cara yang mudah untuk dilakukan agar bisa olahraga di rumah. Selain itu, sudah banyak pula instruktur online yang bisa dilihat di Youtube atau platform lainnya. Kamu tinggal mengikuti gerakan tersebut dan nantinya tubuhmu tetap bugar.

Melakukan social/physical distancing

tips menjalani puasa
Lakukan social distancing. Photo by Pexels

Selanjutnya tips menjalani puasa saat masa PSBB terakhir yang bisa kamu lakukan ialah social/physical distancing atau menjaga jarak. Hal itu dilakukan untuk menekan persebaran virus corona atau COVID-19. Beberapa hal bisa kamu lakukan ialah menghindari perkumpulan besar dan memberlakukan antrian, menggunakan pelindung diri seperti masker, menghindari menyentuh wajah serta senantiasa mencuci tangan dengan sabun.

Demikianlah tips menjalani puasa saat masa PSBB. Semoga kamu menjalani ibadah dengan semangat.