MelangkahYuk – Menjelang Hari Raya Idul Adha, banyak orang yang sudah mempersiapkan hewan qurban baik itu kambing ataupun sapi. Namun, ada juga yang masih belum bisa berqurban setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan harga hewan ternak yang cukup tinggi sehingga tidak sedikit orang berpikir ulang untuk melakukan qurban.

Namun, kamu bisa tetap melakukan qurban setiap tahunnya meski pemasukan pas-pasan loh. Asal ada niat dan komitmen tinggi maka hal itu bisa dengan mudah diwujudkan. Selain itu, kamu juga bisa ikuti trik menabung ini agar setiap tahun bisa berqurban.

Cicil tiap bulan

Setiap tahunnya harga hewan qurban pasti naik. Kamu bisa membuat siasat dengan mencicil tiap bulan agar nantinya saat dekat dengan hari-H kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Jangan lupa untuk menentukan terlebih dahulu cicilan yang harus disisihkan tiap bulan. Besarannya ditentukan dengan kisaran harga hewan ternak yang dipilih serta pemasukanmu.

Ikut arisan qurban

Selain mencicil, kamu juga bisa ikut arisan qurban. Kamu bisa memulai arisan qurban bersama suadara, teman, bahkan tetangga sekitar. Prinsipnya sebenarnya sama saja dengan cicilan bulanan. Para peserta arisan harus membayar sesuai ketentuan.

Buat rekening baru

Agar kamu lebih mudah dalam menabung, kamu bisa membuat rekening baru. jangan gabungkan tabungan dengan uang yang akan digunakan sehari-hari. Dengan begitu, uang tabunganmu tidak akan tercampur. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah mengawasi dan memonitor jumlah uang yang sudah terkumpul.

Gunakan jasa pihak ketiga

Kalau kamu kesulitan menabung, kamu bisa gunakan jasa pihak ketiga unutk menabung biaya qurban. Hal ini sangat efektif jika kamu tidak bisa disiplin dalam menabung. Saat ini juga sudah banyak sekali lembaga khusus qurban yang dapat membantu menabung dan membeli hewan qurban.

Nah itulah beberapa trik agar kamu bisa menabung untuk qurban tiap tahun. Namun, kamu tidak perlu memaksakan untuk qurban tiap tahun karena itu bukanlah sebuah kewajiban. Cukup kuatkan komitmen untuk menyisihkan uang secara disiplin khusus untuk berqurban.