MelangkahYuk – Halo sobat travel, pernahkah kalian mengunjungi Benteng Pendem di Cilacap? Bagi kalian yang belum pernah mengunjunginya, saya akan membahas sedikit info tentang benteng tersebut di artikel saya kali ini.

Benteng Pendem atau disebut juga Kustbatterij op de Landtong te Cilacap (dalam bahasa Belanda) merupakan bangunan yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1861 dan selesai pada tahun 1979. Benteng ini dibangun secara bertahap di area seluas kurang lebih 6,5 hektar.

Dahulu benteng ini digunakan untuk markas pertahanan Hindia Belanda saat melawan Jepang. Benteng ini lalu berhasil di kuasai Jepang pada tahun 1941 dan berhasil di kuasai TNI saat Benteng ini di tinggalkan oleh Jepang ketika Hiroshima dan Nagasaki di bom oleh sekutu.

Benteng Pendem sempat tertimbun pasir pesisir laut selatan Jawa karena tidak terurus. Benteng ini kembali di temukan dan di gali oleh pemerintah Cilacap pada tahun 1986. Sekarang Benteng peninggalan Belanda ini sudah dijadikan salah satu obyek wisata di Cilacap, namun saya belum tahu secara pasti kapan benteng ini mulai digunakan untuk tempat wisata. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 kita dapat menelusuri benteng ini ditemani oleh pemandu dari pengelola benteng ini.

Benteng Pendem terdiri dari ruangan-ruangan yang hingga kini terlihat masih kokoh. Namun sejak awal di temukannya kembali, ruangan di seluruh benteng belum diketahui seluruhnya. Ruangan dalam benteng yang umum diketahui terdiri dari benteng pertahanan, benteng pengintai, barak, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata dan mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru.

Ruang Barak
Ruang barak yang ada di lingkungan Benteng Pendem. Photo by siskaapriyani992gmail

Konon bagian Benteng yang ada di Teluk Penyu ini punya jalan lorong bawah tanah menuju Benteng yang berada di Pulau Nusakambangan, namun sampai sekarang lorong itu masih menjadi misteri.

Karena usia bangunan yang sudah mencapai 1 abad lebih sudah pasti bangunan ini mengandung kesan mistis seperti bangunan-bangunan tua lainnya di Indonesia. Sering kali obyek wisata ini dijadikan sebagai tempat uji nyali acara-acar televisi. Lokasi yang sering digunakan sebagai tempat uji nyali adalah di lorong-lorong di dalam benteng. Namun sebenarnya semua ruang punya kesan mistis masing-masing.

Lorong Benteng Pendem
Salah satu lorong yang ada di Benteng Pendem yang digunakan untuk uji nyali. Photo by siskaapriyani992gmail

Itulah yang bisa Admin tuliskan di artikel ini tentang Benteng Pendem. Semoga artikel ini bermanfaat. Bagi para sobat travel yang penasaran dengan Benteng Pendem, ayo berkunjung ke Cilacap. Keep Traveling!