MelangkahYuk – Hai para sobat pendaki, sudah lama saya tidak menulis artikel di web saya ini. Oke, saya akan membahas gunung tertinggi di Jawa yang terletak di Jawa Timur, pastinya kalian sudah tahu gunung apa yang saya maksud, ya tepat sekali, gunung tersebut adalah Gunung Semeru. Kali ini saya akan membahas info tentang gunung Semeru, untuk info pendakiannya mungkin bisa menyusul di hari-hari selanjutnya. 

Letak Geografis

Gunung dengan tinggi 3.744 mdpl ini secara administrative terletak diantara dua kabupaten yaitu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Secara geografi terletak diantara 8°06′ LS dan 120°55′ BT. 

Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional ini terdiri dari pegunungan dan lembah seluas 50.273,3 Hektar. Terdapat beberapa gunung di dalam Kaldera Gn.Tengger antara lain; Gn.Bromo (2.392m) Gn. Batok (2.470m) Gn.Kursi (2,581m) Gn.Watangan (2.662m) Gn.Widodaren (2.650m). Terdapat empat buah danau (ranu): Ranupane, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo dan Ranu Darungan.

Flora yang berada di wilayah Gunung Semeru beraneka ragam jenisnya tetapi banyak didominir oleh pohon cemara, akasia, pinus, dan jenis Jamuju. Sedangkan untuk tumbuhan bawah didominir oleh Kirinyuh, alang-alang, tembelekan, harendongdan Edelwiss putih, Edelwiss yang banyak terdapat di lereng-lereng menuju puncak Semeru. Dan juga ditemukan beberapa jenis anggrek endemik yang hidup di sekitar Semeru Selatan.  

Banyak fauna yang menghuni gunung Semeru antara lain : macan kumbang, budeng, luwak, kijang, kancil, dll. Sedangkan di Ranu Kumbolo terdapat belibis yang masih hidup liar. Perjalanan menuju desa Ranu Pani akan melewati pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) yang dipenuhi hutan Hujan Tropis. Setelah melewati pintu masuk maka akan melewati pegunungan Tengger yang dipenuhi padang ilalang. Dan jika sudah hampir sampai desa Ranu Pani akan melewati perkebunan pinus, kabun sayuran, dan tembakau rakyat. Jalan menuju desa Ranu Pani sangat curam sehingga tidak semua kendaraan bisa sampai,kecuali Truk yang mengangkut sayuran dan Jeep yang langsung mengarah ke Basecamp Ranu Pani.

Legenda dan Mitos

Gunung Semeru juga punya legenda dan mitos seperti halnya gunung-gunung lain di Indonesia. Menurut beberapa penduduk yang kami ANSOS, warga Ranu Pani sendiri tidak mengetahui legenda maupun mitos yang ada mengenai desa tersebut. Namun ada beberapa legenda dan mitos yang sering terdengar dan diceritakan oleh para pendaki dan penduduk sekitar.

Yang juga menarik adalah pengakuan para pendaki gunung yang melihat sesuatu yang aneh di malam hari. Mereka mengaku melihat cahaya berwarna oranye di tengah Danau Ranu Kumbolo yang berubah wujud menjadi sesosok hantu wanita cantik.Selain itu di danau tersebut juga terdapat banyak ikan mas yang tidak diketahui asal muasalnya, tiba – tiba saja ada. Diyakini ikan – ikan tersebut adalah jelmaan dari hantu wanita cantik serta para dayang – dayangnya.Haram hukumnya bagi warga sekitar Mahameru maupun para pendaki untuk memancing ikan mas di sana. Percaya atau tidak, yang jelas cerita mistis itu masih hidup hingga kini di tengahkecantikan Semeru. 

Perjalanan dari Ranu Kumbolo, para pendaki akan dipertemukan dengan daerah yang ditumbuhi hutan lebat. Dari sinilah, banyak kisah yang bernuansa mistik terjadi. Konon banyak yang menyebut kawasan hutan tersebut adalah hutan yang mistis. Sebab, tak jarang pendaki tersesat di hutan tersebut meski sudah berulang kali mendaki GunungMahameru.Orang Jawa mengatakan, “oyot kesimpar”. Artinya, seseorang akan dibuat linglung dan hanya berputar – putar di jalan yang itu – itu saja selama waktu yang panjang. Di kawasan ini, para pendaki harus memperbanyak do’a kepada Sang Pencipta dan mengurangi sikap sombong dan bercanda yang kurang perlu.Selepas hutan, akan bertemu sebuah dataran lapang yang menyimpan banyak misteri. Inilah yang dinamakan Arcopodo. Artinya adalah arca kembar.

Dalam legenda Mahameru, diceritakan bahwa di tempat tersebut terdapat dua buah arca yang berdiri kembar. Pendirinya adalah prajurit dari jaman kerajaan Majapahit.Hanya, keberadaan arca tersebut tidak bisa dilihat oleh sembarang orang. Hanya orang yang memiliki “kelebihan” saja yang bisa mengetahui keberadaan arca kembar tersebut. Dan yang melihatnya pun, masing – masing memiliki beragam versi terkait wujud arca kembar tersebut.Ada yang berkata bahwa arca tersebut sebesar anak kecil. Namun ada juga yang mengatakan bahwa arca tersebut sangat besar sehingga bisa terlihat dari jauh, seperti dari Ranu Kumbolo. Selain itu, bagi orang biasa yang “terpilih” pun, pada akhirnya bisa menyaksikan keberadaan arca tersebut. Dan Arcopodo adalah akhir pos pendakian sebelum seseorang mencapai puncak Semeru.

Rute Pendakian

Ada dua jalur yang bisa ditempuh dari Desa Ranu Pane menuju Mahameru. Tetapi kedua jalur tersebut akan bertemu di Ranu Kumbolo. 

  1. Jalur Pendakian Gunung Semeru via Watu Rejeng.
  2. Jalur Pendakian Gunung Semeru via Gunung Ayek-Ayek.

Ya, mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan tentang sedikit info dari Gunung Semeru. Terima Kasih, semoga bermanfaat.