MelangkahYuk – Gunung Merapi adalah gunung berapi paling aktif di Indonesia, terhitung sejak 1548 gunung ini meletus sebanyak 68 kali. Terakhir gunung ini meletus pada tahun 2010, pada saat itu letusan Merapi cukup memakan banyak korban, termasuk sang juru kunci saat itu yang akrab di sapa dengan nama Mbah Marijan.

Bahkan saat ini, gunung Merapi terlihat sedang kembali aktif. Hal itu seperti yang diberitakan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Tekonologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) yang melaporkann adanya aktivitas guguran lava sebanyak empat kali dari hari Senin (8/7/2019) hingga Selasa (9/7/2019) pukul 06.00 WIB. Guguran lava itu terjadi dengan jarak luncur mulai dari 550 meter hingga 950 meter ke arah hulu kali gendol.

Gunung ini mempunyai ketinggian 2.930 mpdl. Tadinya tinggi gunung Merapi 2.968 mdpl, namun karena letusan pada tahun 2010 ketinggian berkurang menjadi 2.930 mdpl. Kawah baru pun terbentuk semenjak letusan 2010. Kawah tersebut menganga dan mengarah ke Kab. Sleman, Yogyakarta. Ini menyebabkan jalur pendakian via Kaliurang, Yogyakarta di tutup atau tidak di rekomendasikan untuk pendaki.

Di bagian puncaknya hampir tidak ada vegetasi yang tumbuh. Hal itu dikarenakan aktivitas gunung yang tinggi. Hanya ada beberapa jenis tumbuhan di bagian paling atas yang bertipe alpina khas pegunungan Jawa, seperti Edelweiss Jawa dan Rhododendron. Sementara di bagian bawah terdapat hutan bambu dan tetumbuhan pegunungan tropika.

Lokasi

Gunung Merapi merupakan gunung yang teletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mencakup Kabupaten Magelang dan Boyolali di Jawa Tengah, dan Kabupaten Sleman, di Yogyakarta. Merapi berdiri bersampingan dengan Gunung Merbabu layaknya Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Rute Pendakian

Sebelum letusan pada tahun 2010, ada dua jalur pendakian yaitu rute via Kaliurang, Yogyakarta dan rute via Selo, Boyolali. Dengan di tutupnya jalur via Kaliurang, praktis jalur via Selo menjadi jalur yang menjadi jalur mendaki gunung ini.

Tempat Wisata di sekitar

Selain untuk pendakian, di sekitar gunung ini ada beberapa tempat wisata yang populer. Tempat wisata tersebut antara lain Taman Nasional Gunung Merapi, objek wisata Kaliurang, dan objek wisata Selo.

Kaliurang
Pos pengamatan Gunung Merapi yang ada di obyek wisata Kaliurang. Photo by djogdjatravel.com

Dari ketiga objek wisata diatas, objek wisata yang paling menarik adalah Objek wisata Kaliurang. Mungkin kalian ingin mencoba kesana, namun karena jalur pendakian yang di pakai jalur via Selo, Boyolali, untuk mencapai Objek Wisata Kaliurang kalian harus menuju ke Yogyakarta terlebih dahulu.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang Gunung Merapi, semoga bermanfaat bagi kalian pembaca web ini.. Terima Kasih 🙂