MelangkahYuk – Gunung Sindoro ini bersebelahan dengan Gunung Sumbing, seperti halnya Merapi dan Merbabu. , sama dengan gunung Sumbing. Di gunung ini juga susah ditemukan sumber air, sehingga dianjurkan untuk membawa air yang cukup sesuai dengan lamanya perjalanan yang akan ditempuh. Gunung Sindoro mempunyai ketinggian 3.150 mdpl. Sindoro mempunya beberapa kawah antara lain kawah selatan, kawah utara, kawah Sumur Ledakan, dan 2 kawah di puncak bernama Segoro Wedi dan Segoro Banjaran.

Setiap tanggal 1 Suro, banyak penduduk yang mendaki menuju puncak G. Sindoro untuk melakukan upacara memperingati tahun baru kalender Jawa dan Islam.

Hutan di kawasan Gunung Sindoro bertipe hutan Dipterokarp Atas, hutan Dipterokarp Bukit, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Lokasi

Gunung ini berlokasi di antara Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Sindoro bisa dicapai dari beberapa jurusan, arah timur dari Magelang, dari Banjarnegara dari arah barat , arah utara dari Candiroto, dan dari arah selatan dari Purworejo.

Rute Pendakian

Salah satu jalur yang sering digunakan oleh para pendaki dan cukup terkenal adalah jalur via desa Kledung, desa ini dapat dicapai dari arah Wonosobo atau dari arah Magelang karena lokasinya yang berada diantara jalan raya Wonosobo – Magelang.

Tempat Wisata yang Terletak di Sekitar Gunung Sindoro

  1. Dieng PLATEAU
  2. Perkebunan Teh TAMBI

Walaupun kedua tempat wisata tersebut tidak terletak persis di daerah lereng Gunung Sindoro, namun letaknya lumayan dekat dengan Gunung Sindoro, sehingga apabila kalian ingin berwisata setelah kalian mendaki Sindoro, kalian bisa mencoba kedua tempat wisaa tersebut.

Itulah yang bisa saya berikan tentang Gunung Sindoro, semoga bermanfaat.