MelangkahYuk – Gunung Sumbing merupakan gunung api dengan tinggi 3.371 mdpl, gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet. Gunung ini mempunyai kawah yang masih aktif. Namun tidak di ketahui secara pasti kapan gunung ini terakhir meletus. Gunung Sumbing sudah tidak asing lagi untuk para pecinta alam dan pendaki di Indonesia. Hampir setiap hari besar dan hari libur gunung ini kedatangan banyak pendaki. Sumbing mempunyai banyak kekayaan alam hayati serta flora dan fauna yang beragam jenisnya. Mulai dari burung-burung hingga hewan-hewan lain yang bisa di bilang termasuk langka di Indonesia.

Gunung Sumbing mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous. Wilayah lereng gunung ini sebagian besar telah digunakan untuk lahan pertanian para warga sekitar.

Lokasi

Gunung ini terletak di tiga kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, jika dilihat dari arah Temanggung. Celah antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan Temanggung dan Wonosobo. Jalan ini sering di sebut “Kledung Pass”.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing

  1. Rute Pendakian via Garung, Wonosobo
  2. Rute Cepit Parakan
  3. Rute Kalikajar

Dari ketiga rute tersebut, rute via Dusun Garung merupakan rute yang paling sering diminati oleh para pendaki dikarenakan rute ini keamanan medannya lebih terjamin dan sudah banyak petunjuk, serta juga waktu tempuh dari perjalanan dari rute ini merupakan yang paing cepat dibanding dengan dua rute yang lain.

Tempat Wisata yang Terletak di Sekitar Gunung Sumbing

  1. Dieng PLATEAU
  2. Perkebunan Teh TAMBI

Itulah yang bisa saya sampaikan tentang Gunung Sumbing, semoga bermanfaat 🙂