MelangkahYuk – Gunung  Merbabu merupakan gunung non aktif, gunung ini pernah meletus tahun 1560 & 1797. Gunung ini mempunya tinggi 3.142 mdpl dan berdiri bersampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato.Gunung ini dikenal dengan nama Gunung Damalung atau Gunung Pamrihan pada saat zaman Pra-Islam. Nama Merbabu berasal dari kata meru yang berarti gunung, dan abu yang berarti abu.

Gunung Merbabu mempunyai kawasan Hutan Montane,  Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, dan Hutan Gunung atau Hutan Ericaceous.

Lokasi

Bagian gunung ini sebagian besar terletak di Kabupaten Magelang dan Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Namun secara administratif letak gunung ini juga mencakup Kabupaten Salatiga dan Semarang. 

Peta Gunung Merbabu
Klik disini untuk melihat peta di Google Maps

Rute Pendakian

Gunung Merbabu cukup populer sebagai ajang kegiatan pendakian. Medannya tidak terlalu berat namun potensi bahaya yang harus diperhatikan pendaki adalah udara dingin, kabut tebal, hutan yang lebat namun homogen (hutan tumbuhan runjung, yang tidak cukup mendukung sarana bertahan hidup atau survival), serta ketiadaan sumber air. Penghormatan terhadap tradisi warga setempat juga perlu menjadi pertimbangan.

  1. Pendakian via Selo, Boyolali
  2. Pendakian via Wekas, Magelang
  3. Pendakian via Kopeng

Demikian yang bisa saya berikan tentang info dari Gunung Merbabu, Semoga berguna bagi kalian para pembaca web ini 🙂