MelangkahYuk – Hai sobat travel, kali ini saya akan memberikan informasi tentang pantai Ngobaran, sebuah pantai yang ada di Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Untuk mencapai pantai Ngobaran kalian cukup mengikuti jalan ke arah Wonosari, dan lalu menuju pantai Ngrenehan, karena pantai ini bersebelahan dengan pantai Ngrenehan, kurang lebih 2 km dari pantai Ngrenehan.

Di Ngobaran ini kalian dapat melihat hamparan alga (rumput laut) dan karang-karang pada saat air sedang surut.  Berbagai jenis hewan laut juga bisa kalian jumpai di sela-sela karang, mulai dari bintang laut, landak laut, dan masih banyak lagi.

Yang berbeda dari pantai Ngobaran dengan pantai lain itu tentang pesona budayanya, seperti bangunan dan makanan sekitar pantai. Dan yang lebih menarik lagi terdapat 4 tempat ibadah agama yang berbeda berdiri saling berdekatan. 

Yang paling menarik perhatian yaitu tempat ibadah semacam pura berkhiaskan patung-patung dewa berwarna putih. Bangunan itu di dirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit, di Ngobaran. Orang yang melakukan ibadah di tempat ini merupakan penganut kepercayaan “Kejawan”. Nama Kejawan berasal dari nama salah seorang putra Brawijaya V yaitu Bondhan Kejawan yang dulunya membangun tempat peribadatan ini.

Tempat ibadah
Tempat ibadah yang ada di kawasan Pantai Ngobaran.

Disebelah kiri dari tempat peribadatan Kejawan terdapat sebuah Jogla yang dipergunakan untuk tempat ibadah penganut kepercayaan “Kejawen”. Menurut penduduk sekitar, kepercayaan Kejawan berbeda dengan Kejawen. Namun penduduk sekitar kurang begitu bisa memberi tahu tentang perbedaan antara Kejawan dan Kejawen.

Di depan Joglo terdapat sebuah kotak batu yang di hiasi tanaman kering. Tanaman tersebut di kelilingi pagar kayu berwarna abu-abu. Konon ini merupakan tempat Brawijaya V berpura-pura membakar dirinya, untuk menghindari perang dengan anaknya sendiri, yaitu Raden Patah ( Raja Demak). Beberapa meter dari kotak batu tersebut terdapat pura untuk tempat peribadatan umat Hindu. Tak jelas kapan berdirinya pura tersebut.

Masih banyak hal-hal yang bisa di nikmati di pantai indah dan berbudaya ini, seperti kuliner landak laut dan hewan laut lainnya. Kalian para sobat travel harus mencobanya. Jadi, itulah yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat, Keep Travelling!!