MelangkahYuk – Halo para sobat travel, tanpa saya tanya kalian pasti sudah pernah mendengar tentang Pantai Pengandaran. Ini karena pantai Pangandaran salah satu primadona dari berbagai objek wisata di Jawa Barat. Pantai yang terletak di Pusat Kabupaten Pangandaran yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis ini juga di nobatkan sebagai pantai teerbaik di pulau Jawa menurut Asia Rooms. Bukti dari ketenaran pantai ini adalah pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, pasti selalu ramai di kunjungi para wisatawan domestik bahkan wisatawan asing.

Berbagai Keindahan dan Keistimewaan Pantai Pangandaran

Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama

Para sobat travel bisa melihat sunrise dan sunset dari satu tempat yang sama, unik bukan. Hal seperti ini jarang di temukan di pantai lain. Suasana ini cocok sekali bagi kalian yang mengunjungi pantai bersama seseorang yang spesial.

Dengan pantainya landai dan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama memungkinkan kita untuk berenang dengan aman

Para sobat travel yang ingin berenang di pinggiran pantai dan ingin berlama-lama bermain dengan teman ataupun keluarga, jangan khawatir soal keamanan di pantai Pangandaran, karena pasang dan surut di pantai ini relatif lama di tambah lagi di pantai ini juga terdapat tim penyelamat wisata pantai yang selalu bersiaga di tempat.  

Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih

Para sobat travel bisa menuju ke pantai pasir putih dengan menggunakan perahu yang di sewakan. Pantai pasir putih ini berada di dekat hutan lindung yang berada di kawasan objek wisata Pangandaran. Kalian bisa menjumpai hewan yang menghuni hutan ini, seperti rusa, monyet, biawak, dll. Kalian juga bisa berkeliling hutan dan melihat beberapa gua-gua peninggalan Jepang.

Pengunjung pantai pangandaran
Pengunjung menggunakan prahu untuk menyebrang ke pantai pasir putih. Photo by @Ramadhangilangp

Fasilitas yang Tersedia

Dengan ketenarannya, sudah sebuah keharusan bagi pantai Pangandaran mempunyai fasilitas yang memadai.

Fasilitas yang ada di pantai Pangandaran ini seperti :

  • Tempat parkir yang luas
  • Berbagai macam tempat penginapan, restoran, dan pondok wisata dengan tarif yang bervariasi
  • Parasailing dan Jetski
  • Money changer untuk wisatawan asing
  • Distkotik dan bar-bar di pinggiran pantai
  • Sepeda sewaan untuk berkeliling pantai, dan masih banyak lagi

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan objek wisata Pantai Pangandaran kalian harus membayar biaya sebesar Rp 3.000 / Orang. Dan untuk biaya parkir ada beraneka ragam harga sebenarnya, namun umumnya kalian harus membayar sebesar (info menurut pengelola pantai) :

  • Sepeda Motor Rp 7.000
  • Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp 28.000
  • Kendaraan Jenis Carry Rp 35.000
  • Kendaraan Penumpang Besar Rp 40.000
  • BUS Kecil Rp 80.000
  • BUS Sedang Rp 104.000

Itulah yang bisa saya sampaikan di artikel tentang Pangandaran ini. Semoga bermanfaat bagi para sobat travel. Ayo berkunjung ke Pantai Pangandaran, keep traveling ! Terima Kasih 🙂