MelangkahYuk – Hai sobat travel, kalian sudah tahu Pantai Parangtritis kan ? Pasti lah kalian sudah tahu. Pantai Parangtritis merupakan pantai yang berjarak 27 km dari Kota Yogyakarta (ke selatan) dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi sampai pukul 5 sore maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang sunset adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Jogja ini. Namun bila kalian tiba lebih cepat, kalian bisa mencoba untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kalian bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.

Sunset Romantis di Parangtritis

Ketika sang mentari sudah condong ke barat dan cuaca cerah, maka tibalah saatnya untuk bersenang-senang. Meskipun para pengunjung dilarang berenang, Pantai Parangtritis tidak kekurangan sarana untuk melakukan hal lain yang menyenangkan. Di pinggir pantai terdapat persewaan ATV (All-terrain Vehicle), tarifnya berkisar Rp. 50.000 – 100.000 / 30 menit. Masukkan persneling-nya lalu lepas kopling sambil menarik gas dan motor segala medan beroda 4 ini akan membawa kalian melintasi gundukan pasir pantai.

Oke, ATV mungkin hanya cocok untuk kalian yang berjiwa petualang. Kalian dapat memilih hal yang lain, seperti bendi. Menyusuri permukaan pasir pantai yang mulus disapu ombak dengan kereta kuda beroda 2 ini tidak kalah menyenangkan. Bendi akan mengantar kalian ke ujung timur Pantai Parangtritis tempat gugusan karang yang indah sehingga sering dijadikan spot pemotretan foto pre-wedding. Senja yang remang-remang dan bayangan sang mentari berwarna keemasan di permukaan air semakin membuat suasana lebih romantis.

Pantai Parangtritis juga menawarkan sarana lain bagi mereka yang berwisata bersama keluarga. Bermain layang-layang bersama anak kalian juga tak kalah menyenangkan. Angin laut yang kencang membuat layang-layang terbang tinggi dengan mudah, bahkan bila kalian belum pernah bermain layang-layang sekalipun.

Masih gak mau pulang walau mentari sudah terbenam? Tidak lama lagi para penjual jagung bakar akan menggelar tikar di pinggiran pantai, dan kita bisa nongkrong di sana sampai larut malam. Masih juga belum mau pulang? Jangan cemas, di Pantai Parangtritis terdapat puluhan penginapan dengan harga yang terjangkau.

Ayo berkunjung ke Pantai Parangtritis 😀