MelangkahYuk – Pernikahan merupakan satu momen yang cukup sakral bagi setiap pasangan. Karena pernikahan bukan sebuah status saja. Tetapi lebih dari itu, bahkan pernikahan jika dalam Islam adalah memenuhi separuh agama. Maka pernikahan juga dimaksud sebagai ibadah, maka agar pernikahan itu menjadi berkah harus ada persiapan, baik persiapan fisik maupun persiapan psikis. Banyak pasangan yang fokus pada jadwal pernikahan, apa yang harus dikenakan dan sebagainya. Namun hal-hal penting yang mungkin akan menjadi masalah di pasca menikah. Berikut hal yang harus dipikirkan pasca menikah.

Tempat Tinggal

Rumah - Gambar oleh Pexels dari Pixabay
Rumah – Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Tempat tinggal merupakan hal yang pertama kali harus dipikirkan pasca menikah. Yang terpikirkan adalah dimana akan menetap. Dirumah mertua, orang tua, atau membeli rumah sendiri. Bagi kalian yang bekerja diluar kota, opsi seperti kost, apartment ataupun tempat sewa lainnya bisa jadi pilihan. Dewasa ini harga tanah dan rumah semakin mahal, sehingga kebanyakan pasangan baru di awal akan lebih memilih menyewa tempat sembari menabung untuk membeli rumah.

Keuangan

Aplikasi pengatur keuangan
Uang & kalkulator – Photo by Pixabay

Hal yang sangat penting dan memang sudah harus dipikirkan sejak sebelum maupun sesudah menikah. Bedanya, pasca menikah kalian harus menata keuangan dengan pasangan kalian. Mungkin dimulai dari pengeluaran bulanan, investasi, dan lain-lain. Nominal-nominal yang mendetail harus kalian rencanakan agar keuangan kalian jelas.

Keturunan

ASI
Photo by @kellysikkema

Mempunyai keturunan adalah impian bagi setiap pasangan. Pasca menikah kalian pasti akan mendapatkan keturunan. Terkadang ada pasangan yang juga sulit untuk mendapatkan keturunan dan berusaha agar segera mendapat keturunan. Tentunya setiap pasangan yang sudah menikah harus siap untuk menjadi seorang Ibu dan Ayah bagi buah hatinya. Maka dari itu persiapan untuk segala kebutuhan buah hati harus segera dipikirkan sejak pasca menikah, seperti tabungan untuk pendidikan sang buah hati.

Itulah hal yang harus dipikirkan pasca menikah. Semoga bermanfaat !