MelangkahYuk ā€“ Sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru untuk para kawan-kawan yang sedang menuntut ilmu di level perguruan tinggi. Ada pula yang baru masuk untuk kuliah bagi adik-adik yang sudah lulus SMA. Masa kuliah merupakan masa pendewasaan bagi kita semua, atau mungkin malah bisa jadi masa perubahan segala sifat dan kebiasaan kita. Semua itu bisa berupa perubahan negatif atau pun positif, semoga untuk pembaca MelangkahYuk selalu positif, jikalau ada yang negatif semoga akan menemukan titik cerah setelah membaca artikel ini.

Tujuan awal kuliah sejatinya tidak lain tidak bukan adalah mendapatkan gelar sesuai jurusan masing-masing demi mendapatkan masa depan yang bagus di dunia kerja. Bagi sebagian orang, lulus kuliah dengan waktu cepat kadang menjadi sesuatu hal yang sulit. Mengapa ? Inilah faktor-faktor yang mungkin dapat membuat seseorang telat lulus saat kuliah.

Lingkungan Tempat Tinggal Baru

Bagi kalian yang memilih kuliah di luar kota tentu saja akan mendapatkan lingkungan baru, baik di tempat tinggal/tempat indekos atau di lingkungan kampus. Lingkungan sangat berpengaruh bagi apa pun yang ada di kehidupan kalian. Lingkungan yang tidak kondusif atau yang kurang mendukung terhadap hal-hal positif yang kalian lakukan saat kuliah, sebaiknya kalian hindari. Karena faktor ini merupakan faktor yang mempunyai pengaruh terbesar dalam kehidupan sehari-hari. Apabila memang kalian memang berjiwa sosial tinggi, pilihlah dengan bijak mana teman yang patut di tiru, dan mana teman yang cukup dikenal saja.

Lebih Memilih Organisasi Daripada Fokus Kuliah

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) merupakan tempat menggali ilmu organisasi yang sangat tepat di masa kuliah. Namun jangan sampai kegiatan organisasi kalian mengganggu fokus kalian untuk kuliah. Banyak kasus mahasiswa yang aktif di UKM mengalami telat lulus. Karena memang merasa nyaman dengan kehidupan berorganisasi. Jadi bagi kalian yang memang ingin mencari pengalaman di organisasi, jangan lupa untuk tetap fokus kuliah, agar tidak telat lulus. Memang ilmu organisasi penting, namun kembali ke tujuan awal kalian saat masuk kuliah, yaitu meraih gelar dan lulus tepat waktu agar tidak membebani diri sendiri dan orang tua/wali karena kuliah terlalu lama.

Menemukan Hobi Baru

Ini faktor yang terkadang ditemukan di sebagian seseorang. Mendapatkan banyak teman baru, mungkin sekali akan mendapatkan hobi baru. Dan hobi yang kita dapatkan pun bisa negatif atau positif. Maka dari itu, pintarlah memilih hobi yang mungkin memang menguntungkan kalian di masa kuliah. Hindari hobi yang sekiranya membuat kalian membolos kuliah, tidak mengerjakan tugas kuliah, dan lain-lain. Karena kuliah merupakan titik pembentukan sikap dari remaja menuju dewasa. Sehingga hal ini merupakan faktor penting dalam hidup kita.

Itulah 3 hal yang bisa membuat kalian telat lulus kuliah. Sebenarnya 3 hal tersebut tidak hanya memiliki sisi negatif. Sehingga semua bergantung terhadap diri kalian sendiri dalam menentukan pilihan, be positive !