MelangkahYuk – Hai para sobat travel, siapa yang tidak tahu D.I. Yogyakarta? Ya, sudah pasti seluruh orang Indonesia sudah pasti tahu tentang D.I. Yogyakarta, bahkan orang luar negeri pun tahu tentang Provinsi dengan Ibukota Kota Yogyakarta atau juga yang sering disebut juga Kota Pendidikan ini. Terutama para sobat travel, pasti kalian sudah tahu di D.I. Yogyakarta ini tersimpan banyak tempat menarik yang sangat menggoda untuk di kunjungi.

Yogyakarta merupakan provinsi yang berada di bagian selatan, di tengah pulau Jawa, berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah yang memiliki luas kurang lebih sekitar 3.185 km persegi. Yogyakarta terdiri dari 1 Kota dan 4 Kabupaten, yaitu Kota Yogyakarta (sebagai Ibukota Provinsi), Kabupaten Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan Gunung Kidul. Provinsi ini mendapat nama Daerah Istimewa karena dulunya merupakan peleburan dari Kerajaan Kesultanan Yogyakarta, namun kebanyakan orang sering menyebutnya dengan “Jogja” saja karena D.I. Yogyakarta di anggap terlalu panjang.

Jogja menyimpan berbagai macam budaya dan tempat wisata menarik, seperti Malioboro, Kraton, berbagai pantai di selatan Jogja, dan masih banyak lagi. Mari kita lihat ada apa saja kah di Jogja, saya akan memberi sedikit infonya di artikel ini, namun kalian juga bisa melihat secara lengkapnya di web ini. So check this out.

Tempat menarik di Daerah Istimewa Yogyakarta :

Kota Yogyakarta

Tugu Jogja/Yogyakarta

Tugu Jogja
Tugu Jogja, ikon kota Yogyakarta. Photo by dejogjaadventure

Tugu Jogja terletak di tengah Kota tepatnya di perempatan Jl. Jend. Soedirman dan Jl. Margo Utomo. Tugu ini mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis yaitu jika dari kraton Yogyakarta kalau kita melihat ke arah utara, maka kita akan menemukan bahwa Jl. Malioboro, Jl. Margo Utomo, tugu ini, dan Jl. A.M. Sangadji akan membentuk satu garis lurus persis dengan arah ke puncak Gunung Merapi. Konon Sultan Yogyakarta pada saat melakukan meditasi menggunakan tugu ini sebagai patokan arah menghadap puncak Gunung Merapi.

Malioboro

Malioboro
Jalan Malioboro, ikon kota Yogyakarta. Photo by IDN Times

Memang terasa ada yang kurang ketika berkunjung ke Jogja tanpa mengunjungi tempat ini. Tak hanya sarat kisah dan kenangan, Malioboro juga menjadi surga cinderamata di jantung Kota Jogja.

Keraton Yogyakarta dan sekitarnya

Keraton
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Photo by Satujam.com

Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau yang kini lebih dikenal dengan Keraton Yogyakarta/Jogja adalah pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menjadi tempat tinggal Sultan Jogja dan keluarganya semata, Kraton juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus pelestari kebudayaan tersebut.

Taman Sari

Taman Sari
Salah satu obyek wisata yang ada di Yogyakarta, Taman Sari. Photo by Super Adventure

Keindahan arsitekturnya yang kuno, beserta pemandangan yang menakjubkan membuat Taman Sari sangat mempesona. Bangunan dan lorong-lorongnya menjadikan Taman Sari penuh rahasia yang akan terus dikuak.

Kabupaten Sleman

Kaliurang

Kaliurang
Kaliurang, obyek wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Photo by Detik

Menikmati pesona alam di ujung utara D.I. Yogyakarta yang terletak di kaki Gunung Merapi.. Bersentuhan dengan udara sejuk dan meresapi suasana romantis ala nyonya dan meneer Belanda tempo dulu.

Gunung Merapi

Gunung Merapi
Pemandangan gunung Merapi. Photo by Antaranews

Ya, ini meruapakan daya tarik tersendiri terhadap para traveller yang sekaligus juga pecinta alam/pendaki. Gunung paling aktif di Indonesia ini, melambai-lambai dari utara Jogja menggoda untuk di daki.

Candi Prambanan

Candi Prambanan
Reruntuhan yang ada di lingkungan candi Prambanan. Photo by Dolan Yok

Candi Prambanan merupakan mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-10. Bangunannya yang ramping dan menjulang setinggi 47 meter membuat terlihat mempesona. Candi ini berada 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah.

Candi Sambisari

Candi Sambisari
Candi Sambisari yang terletak di Kabupaten Sleman. Photo by Tribunnews

Setelah terkubur selama ratusan tahun, bongkahan pertama ditemukan pada tahun 1966. Memerlukan waktu 21 tahun untuk menggali dan merangkai ratusan keping “puzzle” dari batu itu sebelum akhirnya Candi Sambisari berhasil direkonstruksi.

Istana Ratu Boko

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko. Photo rentalmobiljogja

Istana Ratu Boko adalah sebuah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Berada di istana ini, anda bisa merasakan kedamaian sekaligus melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi.

Kabupaten Bantul

Pantai Parangtritis

Parangtritis
Pantai Parangtritis. Photo by Outing Jogja

Pantai Parangtritis merupakan tempat wisata terbaik untuk menikmati sunset di D.I. Yogyakarta sambil having fun menaklukkan gundukan pasir dengan menaiki ATV (All-terrain Vechile) atau dengan menyusuri pantai dengan partner wisata/keluarga kalian dalam senja. Pantai ini merupakan pantai paling terkenal di Jogja.

Pantai Depok

Pantai Depok
Ikon Pantai Depok. Photo by Tempat Wisata

Pantai Depok menyuguhi hidangan ikan segar dan sejumlah hasil tangkapan laut lainnya dalam nuansa khas restoran pesisir. Tak jauh dari pantai ini, anda bisa menikmati panorama gumuk pasir, satu-satunya di kawasan Asia Tenggara.

Kabupaten Gunung Kidul

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayani
Pantai Indrayani. Photo by Camera Wisata

Pantai dengan suasana romantis dan dipenuhi banyak cafe dan restoran khas pesisir.

Goa Pindul

Goa Pindul
Obyek wisata Goa Pindul. Photo by Garasi Jogja

Berpetualang mengarungi sungai bawah tanah yang sarat kisah.

Itulah beberapa tempat menarik, masih banyak tempat menarik lainnya yang tidak kalah bagusnya dari tempat-tempat yang di sebut di atas. Untuk Kabupaten Kulon Progo tidak terlalu banyak tempat menarik, jadi saya masih belum bisa memberikan infonya ke anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi kalian.